• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Cegah Tangkal yang Tercemar

Identifikasi Cemaran Organik pada Hasil Perikanan dengan Teknik Non-target Screening

Deskripsi Singkat


Cemaran organik seperti residu pestisida pertanian, limbah industri, dan limbah rumah tangga sering mengkontaminasi produk perikanan. Namun, identifikasi cemaran organik tersebut secara cepat dan akurat sangat sulit karena jenis cemaran yang beragam dan karakteristiknya yang bervariasi. Metode analisis yang ada saat ini hanya berfokus pada kontaminan populer yang telah diatur regulasinya dan dilakukan secara parsial, sehingga jenis dan kontaminan dapat diidentifikasi sangat terbatas.

Inovasi ini dilakukan untuk mengidentifikasi berbagai cemaran organik dalam spektrum yang luas menggunakan membran semi-permeabel dengan pelarut organik, untuk menisolasi senyawa organik pada sampel biologis sehingga dapat dideteksi dan diukur konsentrasinya.

Cease-Desist the Contaminated

 

Short Description


Organic contaminants such as pesticides, industrial emission and household waste often contaminate fishery products. However, it is difficult to identify various contaminants rapidly and accurately. The innovation is used to identify wide spectrum contaminants by using non-target-screening. This method uses semi-permeable membrane with organic solvent to effectively isolate the contaminant and therefore could be identified and quantified.


Perspektif

Teknologi identifikasi berbagai cemaran yang cepat dan efisien sangat dibutuhkan untuk menjamin mutu dan keamanan bahan pangan.

Keunggulan Inovasi:

Mampu memisahkan senyawa organik pada sampel biologis secara efektif dari pengotor alami
Memungkinkan analisis berbagai cemaran organik secara lebih efisien
Dapat menghemat waktu dan biaya analisis


Potensi Aplikasi:

-


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Dwiyitno, M.Sc Nuri Andarwulan Hari Eko Irianto Hanifah Nuryani Lioe Farida Ariyani Larissa Dsikowitzky Jan Schwarzbauer

Institusi

Pusat Penelitian dan Pengembangan Daya Saing Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan

Alamat

Jl. KS Tubun Petamburan VI Jakarta Pusat 10260

Status Paten

Kesiapan Inovasi

Kerjasama bisnis

Peringkat Inovasi


File

gambar 2

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi