• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Catat Panjang dan Berat Sekaligus

Instrumentasi Pengukur Panjang dan Berat Ikan

Deskripsi Singkat


Inovasi ini bertujuan mengantarkan nelayan dan perikanan Indonesia menyambut era Industry 4.0, dimana selama ini penyediaan data dasar secara real time di bidang perikanan masih terlalu lambat dan tidak akurat, dan salah satunya adalah data panjang-berat ikan hasil tangkapan. Pengukuran panjang ikan dilakukan dengan sensor ultrasonik dan infra merah yang ditempatkan di atas papan, yang dilengkapi dengan sensor berat. Sistem dilengkapi dengan aplikasi berbasis Android untuk memudahkan pemasukan data spesies maupun pengenal ikan lainnya; dan terhubung dengan server database sehingga hasil pengukuran dapat digunakan bersama untuk berbagai keperluan.

 

Record Length and Weight at Once

 

Short Description


This innovation aims to support Indonesian fisheries to face the Industry 4.0 challenges, because the provision of basic real-time data in the fisheries sector is still too slow and inaccurate.  One of basic data is the length and weight of fish catch. The length measurement of fish is carried out with ultrasonic and infrared sensors placed on a board equipped with weight sensor. The system is running on Android-based application to facilitate direct entry of fish data.  This system is directly connected to a database server, so that the measurement results can be used together for various analysis purposes.


Perspektif

Ketersediaan data ikan tangkapan nelayan yang real-time dan akurat akan menciptakan nilai dan manfaat bukan hanya bagi pemerintah, tapi juga bagi seluruh stakeholders di sepanjang rantai pasok ikan, dari nelayan sampai ke konsumen akhir. 


Keunggulan Inovasi:

  • Menyediakan data panjang dan berat setiap ikan sekaligus, yang selama ini pengukurannya dilakukan sendiri-sendiri.
  • Meningkatkan partisipasi nelayan dan pembudidaya ikan, dalam pencatatan data perikanan. 
  • Sistem terhubung dengan server database sehingga hasil pengukuran dapat digunakan bersama untuk berbagai keperluan.

Potensi Aplikasi:

Inovasi ini dapat dimanfaatkan baik oleh pelaku perikanan tangkap maupun perikanan budidaya, untuk keperluan statistik pemerintah, dan juga untuk kegiatan riset dan penelitian di bidang perikanan.


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Dr. Ir. Indra Jaya, MSc, Muhammad Iqbal, MSi

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kampus IPB Darmaga, Bogor, Jawa Barat 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi