• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Catat Panjang dan Berat Sekaligus

Instrumentasi Pengukur Panjang dan Berat Ikan

Deskripsi Singkat


Selama ini pengukuran panjang dan berat jarang dilakukan atau biasanya dilakukan secara terpisah (panjang atau berat saja), hal tersebut terkait teknologi yang digunakan dan waktu yang diperlukan. Inovasi ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah tersebut dan bahkan memberikan peluang yang lebih dimana data tersebut dapat langsung dikirimkan ke pusat data untuk kemudian secara kolektif dapat digunakan untuk analisa baik secara personal maupun untuk industry. Sehingga nelayan dan industry dengan cepat mengetahui hasil tangkapan dan secara history data mampu memberikan gambaran tentang hasil tangkapan dan proyeksi hasil tangkapan dimasa depan. Inovasi ini terdiri atas rangkaian elektronik menggunakan sensor ultrasonic dan infrared untuk mengukur panjang ikan dimana ikan ditempatkan diatas papan yang juga ditempatkan sensor berat. Sehingga pengukuran panjang dan berat berlangsung bersamaan. Data panjang dan berat ini diolah oleh mikrokontroler yang juga terhubung dengan modul Bluetooth dan Wifi sehingga data hasil pengukuran tersebut dapat diteruskan ke perangkat lain yaitu perangkat berbasis android yang sudah terpasang (install) apps e-Kan. App e-Kan berisi beberapa parameter input yaitu spesies ikan, trip-id, alat tangkap, wilayah penangkapan dan tanggal tangkapan. Data tersebut (termasuk panjang dan berat) merupakan data yang selama ini dikumpulkan dan dibutuhkan namun sering sekali bias karena dilakukan bersifat estimasi (panjang / berat) dan menggunakan kertas sehingga cenderung lama dan banyak yang hilang. Dengan adanya sistem ini diharapkan setiap ikan yang tertangkap dan dijual dapat tercatat dan terdokumnetasi dengan baik.

Record Length and Weight at Once

 

Short Description


-


Perspektif

-


Keunggulan Inovasi:

Sistem ini menggabungkan antara pengukuran panjang dan berat ikan dengan system pencatatan perikanan yang selama ini dilakukan secara terpisah. Sistem ini diharapkan dapat menjadi salah satu jawaban untuk meningkatkan partisipasi dan pencatatan perikanan baik oleh nelayan/pembudidaya skala kecil maupun industri.


Potensi Aplikasi:

Sistem ini dapat diaplikasikan baik diperikanan tangkap maupun perikanan budidaya dan juga untuk kegiatan riset dan penelitian dibidang biologi perikanan.


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Dr. Ir. Indra Jaya, MSc, Muhammad Iqbal, MSi

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kampus IPB Darmaga, Bogor, Jawa Barat 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi