• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Bijih Plastik Iradiasi Ramah Lingkungan

Bijih Plastik Ramag Lingkungan dari Kopolimer Emulsi Pati-Karet Alam-Polimetil Metakrilat Iradiasi

Deskripsi Singkat


Plastik pada umumnya tidak mudah terdegradasi di alam yang disebabkan jasad renik sulit untuk memakan molekul plastik yang memiliki ikatan antara molekul sangat kuat dan tidak suka air.

Inovasi bijih plastik ramah lingkungan ini adalah pengembangan bahan dasar pembuatan produk plastik yang bisa terdegradasi di alam. Proses kopolimerisasi emilsi pati, karet alam, polimetil metakrilat, poliolefin, ditambah bahan pengisi serta aditif dilakukan dengan bantuan iradiasi sinar gamma. Sehingga dihasilkan pengikatan dua atau lebih molekul polimer yang berbeda melalui reaksi radikal bebas, sebagai hasil reaksi radiasi pengion dengan polimer yang dikopolimerisasikan.

Plastik ramah lingkungan ini terbukti dapat terurai di dalam tanah dalam waktu 1-2 bulan.

Bio-Degradable Irradiated Plastic Pellets

 

Short Description


This green plastic is a bio-degradable plastics formulated from emulsion of starch, natural rubber, polymethyl methacrylate, polyolefin, added with some filler materials and additives; through a radiation induced copolymerization by gamma irradiation. When buried in soil, green plastics can completely degrade within one to two months time.


Perspektif

Bahan plastik merupakan jawaban teknologi untuk bahan yang kuat dan tidak mudah rusak oleh pengaruh alam, namun keberhasilannya menimbulkan masalah lingkungan. Oleh karena itu, teknologi dituntut untuk menyempurnakan plastik lebih bersahabat dengan alam.

Keunggulan Inovasi:

  • Proses pembuatannya relatif sederhana, aman, praktis dan cepat
  • Produk yang dihasilkan terurai sempurna setelah penguburan di dalam tanah selama 1 sampai 2 bulan.

Potensi Aplikasi:

Bijih plastik ramah lingkungan bisa digunakan pada mesin cetak injeksi ( injection moulding), injeksi hidrolik, maupun cetak tiup ( blow moulding). Bahan dasarnya masih bisa dikembangkan menggunakan bahan lain seperti limbah serbuk gergaji, sekam padi, ampas padi, dan sebagainya.


Innovator:

Tim Inovasi

Drs. Sudradjat Iskandar

Institusi

PATIR BATAN

Alamat

Jl. Lebak Bulus Raya No. 49, Kotak Pos 7002, JKSKL, Jakarta Selatan 12440

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi