• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Biji Jeruk Siam Kecil Nan Perkasa

Rekayasa Proses Isolasi Limonin dari Biji Jeruk Siam

Deskripsi Singkat


Limonin merupakan senyawa limonoid utama yang terdapat pada hampir semua jenis jeruk dan memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Beberapa di antaranya menghambat pertumbuhan tumor, menurunkan rasio kolesterol LDL/HDL, dan mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah dan kanker. Di beberapa negara limonin dimanfaatkan sebagai suplemen kesehatan dan bahan tambahan makanan dan minuman, namun di Indonesia produksi limonin belum tersedia.

Inovasi ini mampu mengekstraksi limonin dari biji jeruk siam dan menghasilkan limonin lebih banyak dibanding varietas jeruk lainnya. Kadar kemurnian limonin yang dihasilkan adalah sebesar 27%, sehingga tergolong dalam pharmaceutical gradedan dapat diaplikasikan untuk produk pangan dan farmasi.

The Great Little Tangerine Seeds

 

Short Description


Limonin is a primary limonoid substance found in citruses and has great benefits for human health, including tumor growth inhibition, lowering the LDL/HDL cholesterol ratio and reducing the risk of blood clots and cancer.

The innovation is able to extract limonin from tangerine seeds, which produce more limonin than other types of citrus seeds, and can be applied to food and pharmeaceutical products.


Perspektif

Ekstraksi limonin dari biji jeruk siam dapat memberikan nilai tambah dari pemanfaatan limbah pabrik sari jeruk dan limonin dimanfaatkan lebih lanjut pada industri farmasi.

Keunggulan Inovasi:

  • Bahan baku memanfaatkan produk lokal yang tidak bergantung pada musim.
  • Menghasilkan kadar limonin yang dapat diaplikasikan pada produk pangan dan farmasi.
  • Hasil perolehan limonin lebih besar dibanding beberapa varietas jeruk lainnya (1,512 mg/g biji).
  • Teknik isolasi yang digunakan sangat baik dibanding teknik isolasi lain dilihat dari tingkat recoveryyang tinggi (93%).

Potensi Aplikasi:

Industri farmasi dan produk pangan


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Dr. Erliza Noor; Dewi Cakrawati, S.P, M.Si; Dr. Setyadjit, M.App.Sc; Drs. Dondi Setyabudi, M.S; Rini Purnawati, S.TP, M.Si

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kantor direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi