• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Bibit Beras Bobot Bebet

Rati Ratahayu (RRh), IRCI dan IRSI Benih Padi Unggul Wonogiri untuk Negeri

Deskripsi Singkat


Inovasi ini mengembangkan varietas-varietas padi unggul baru, melalui persilangan antar varietas padi unggul yang umum ditanam petani dan telah teruji cocok dengan lokasi, pertumbuhan yang bagus, produktivitas tinggi, rasa enak, dan laku di pasar.  Dari persilangan lima varietas padi unggul, diperoleh 10 varietas padi baru.  Berdasarkan kriteria kesehatan pertumbuhan padi, toleransi terhadap penyakit, produktivitas, serta rasa yang disukai; ditetapkan tiga varietas unggulan lokal baru: Rati Ratahayu (PP x Menthik Wangi), IRCI (IR-64 x Ciherang), dan IRSI (IR-64 x Situ Bagendit).  Dengan inovasi ini petani  dapat menghasilkan dan menguasai benih padi mereka sendiri, dan mengurangi ketegantungan pada pasokan bibit padi pemerintah.  

 

Superior Rice Crossbred

 

Short Description


This innovation develops new superior rice varieties, through seed crossing between commonly planted superior rice varieties that have been proven locally suitable, good growth, high productivity, good taste, and marketable. From the seed crossing of five superior varieties, 10 new rice varieties were obtained. Based on the criteria of healthy growth, tolerance to disease, productivity, and preferred taste; three new local superior varieties were selected: Rati Ratahayu, IRCI, and IRSI. Through this innovation, farmers can produce and control their own rice seeds, and reduce their dependencies on government's seed supply.


Perspektif

Kemandirian pangan perlu dipupuk tidak hanya dalam hal memproduksi pangan itu sendiri, tapi juga dalam kemampuan mengelola semua yang diperlukan untuk memproduksi pangan tersebut.  


Keunggulan Inovasi:

  • Kemampuan mengembangkan dan menseleksi varietas padi unggul lokal berdasarkan varietas padi yang biasa ditanam petani.
  • Varietas padi yang dikembangkan memenuhi kriteria kesehatan tanaman, pertumbuhan padi, toleransi terhadap penyakit, produktivitas, serta rasa yang disukai, sehingga hasilnya mudah dipasarkan. 
  • Mendukung program ketahanan pangan, dengan mengurangi ketergantungan pada pasokan benih pemerintah.

 


Potensi Aplikasi:

Inovasi ini berpotensi diaplikasikan untuk memperkuat program ketahanan pangan pemerintah berbasis kemampuan lokal melalui pengembangan benih sendiri. Kemampuan dalam mengembangkan sumber genetik unggul baru oleh petani lokal, akan mengurangi ketergantungan petani pada pasokan benih dari pemerintah atau korporasi. Lebih lanjut inovasi dapat dikembangkan menuju budidaya organik yang bernilai tinggi, mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia, sekaligus mengurangi biaya produksi petani. Pengembangan lebih lanjut dapat dilakukan untuk memperpendek masa tanam, sertifikasi benih, serta memperluas uji multi-lokasi di seluruh Indonesia.

 


Innovator:

Tim Inovasi

Surati

Institusi

UPP IPTEKIN BAPPEDA Prov. Jawa Tengah

Alamat

Jl. Pemuda No. 127 - 133 , Sekayu Semarang Tengah, Semarang

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi