• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Beras Wangi, Nasi Enak

Pewangian Beras Menggunakan Karbon Dioksida Cair

Deskripsi Singkat


Nasi yang enak berasal dari beras yang baik, dan nasi merupakan makanan pokok di Indonesia. Konsumen kini semakin selektif dalam memilih beras berkualitas, bukan hanya tekstur saja tetapi juga aromanya.

Beras wangi alami kini sulit ditemui di pasar. Petani jarang menanam beras wangi karena memerlukan masa tanam yang lebih lama. Lagipula, beras ini mudah diserang hama karena aromanya menarik bagi hama. Di pihak lain, permintaan akan beras wangi terus meningkat.

Metode dalam invensi ini ramah lingkungan karena menggunakan karbon dioksida cair, dan produk beras wangi yang dihasilkan relatif tidak berubah dari bentuk beras asli baik secara fisik maupun kimiawi. Bahan pembawa aroma ini mudah didapat dan harganya relatif terjangkau.

Fragrant Rice, Delicious Rice

 

Short Description


Delicious rice comes from fragrant paddy. Naturally fragrant paddy is now getting scarce due to longer harvest cycle and vulnerability to pest attack.

The method to reproduce fragrant paddy using liquefied carbon dioxide is considered safe and relatively does not affect the physical and chemical properties of the normal paddy. The substance is available in the market at a reasonable price.


Perspektif

Mengembangkan metode sederhana yang memberikan nilai tambah yang sangat dicari oleh konsumen atas komoditas hasil alam, memberikan harapan baru bagi industri pertanian, sekaligus memenuhi kebutuhan konsumen akan beras wangi yang berkualitas.

Keunggulan Inovasi:

  • Menghasilkan beras wangi dari beras biasa
  • Relatif tidak merubah bentuk dan struktur kimia beras
  • Meningkatkan kualitas dari beras biasa
  • Bahan baku tersedia, mudah didapat dengan harga terjangkau

Potensi Aplikasi:

Meningkatkan kualitas beras dengan memberikan aroma. Aroma tergantung dari bahan yang digunakan, membuka kemungkinan beras wangi dengan aroma yang berbeda.


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Filli Pratama, Ph.D

Institusi

Fakultas Pertanian, Universitas Sriwijaya

Alamat

Jl. Raya Palembang Prabumulih Km. 32 Indralaya, Sumatera Selatan 30662

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi