• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Bata Aman Gempa

Batu Bata Ringan Aman Gempa

Deskripsi Singkat


Bangunan di Indonesia umumnya menggunakan material yang berat seperti batu bata, sehingga pada saat gempa banyak korban jiwa karena tertimpa material tersebut. Hasil inovasi merupakan komposit dinding ringan aman gempa berbahan serabut kelapa dan semen sebagai pengganti batu bata konvensional.

Produk ini dibuat dengan metode Hand Lay Up yaitu penuangan semen yang telah dicampur dengan limbah serabut kelapa ke dalam cetakan (mold). Keunggulan bata komposit tahan gempa adalah ringan, relatif murah, memiliki kekuatan mekanik yang baik, serta ramah lingkungan.

Earthquake-Safe Brick

 

Short Description


The type of building in Indonesia normally uses heavy materials.When the earthquake occurs, these heavy materials fall and cause manyvictims. The innovation offers a light composite material as a replacementof conventional clay brick. This composite brick is made of cement andcoconut fiber, which relatively lighter and more tolerant towardsabrupt shock.


Perspektif

Material maju dibedakan dari material konvensional; bisa karena memanfaatkan sifat-sifat unggulnya secara baru, atau menemukan aplikasinya yang baru.

Keunggulan Inovasi:

  • Massa material komposit lebih ringan 53-61% dibandingkan batu batakonvensional
  • Material komposit serabut kelapa-semen memiliki kelayakan kekuatanmekanik yaitu 0.69143 MPa dimana kekuatan mekanik batu bata konvensionalberkisar 0,25-0,5 MPa.
  • Harganya lebih murah 31-42% dibandingkan batu bata konvensional

Potensi Aplikasi:

-


Innovator:

Tim Inovasi

Dicky Aditia Resagian

Institusi

Universitas Lampung

Alamat

Jl. Soemantri Brojonegoro No. 16 Bandar Lampung Lampung 35362

Status Paten

Kesiapan Inovasi

Kerjasama bisnis

Peringkat Inovasi


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi