• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Aplikator Pupuk Cair

Komponen Pembuka Alur dan Penyalur Pupuk Untuk Aplikator Pupuk Cair Tanaman Tebu

Deskripsi Singkat


Metode pemumpukan yang efektif adalah salah satu upaya untuk meningkatkan produksi tanaman industri seperti tebu, baik menggunakan pupuk kimia butiran maupun cair.

Inovasi ini berupa alat pembuka alur dan aplikator pupuk cair praktis yang penggunaannya dapat digandengkan dengan traktor 4 roda. Alat ini dapat menyalurkan pupuk cair dengan dosis aplikasi yang seragam melalui sistem injeksi tekanan rendah, menggunakan pompa sentrifugal, langsung ke daerah perakaran tanaman sehingga efektifitas pemupukan dapat ditingkatkan.

Desain alat ini telah dikembangkan dari tahun 2006 dan telah diuji-cobakan pada PG Jatitujuh, Subang. Desain dan teknologi yang sederhana memudahkan kendali alat dan fabrikasi secara lokal.

Liquid Fertilizer Applicator

 

Short Description


The effective fertilizer applicator mechanism allows liquid fertilizer to be applied directly to the root system in uniform dose using low pressure injection method with centrifugal pump.

The machine has been tested in sugar cane farms and can be mounted on a 4 wheelers tractor. The simple yet effective design allows better control and high manufacturability for growing applicator market.


Perspektif

Desain mesin pembuka alur dan aplikator pupuk cair yang mudah dibuat dengan biaya murah dan mudah dioperasikan namun dengan kinerja yang prima, bermanfaat untuk meningkatkan produksi tanaman budidaya.

Keunggulan Inovasi:

  • Jalannya pemupukan mudah dikontrol oleh operator karena pembuka alur dan penyalur pupuk ditempatkan pada bagian depan trailer tangki sehingga dapat dilihat langsung oleh operator
  • Menggunakan teknologi sederhana sehingga mudah diproduksi oleh pabrikan mesin pertanian lokal dengan biaya rendah
  • Konstruksi dan desain yang sederhana sehingga mudah dalam pengoperasian dan pemeliharaannya

Potensi Aplikasi:

Dapat diaplikasikan pada budidaya tanaman tebu lahan kering dengan mekanisasi di perkebunan besar milik negara, perkebunan besar swasta, maupun perkebunan rakyat.


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Ir. Desrial M.Eng; Dr. Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr; Ir.Sonny Nurmachsyah, MM.

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Jl. Dit. RKS IPB, Gd.A.H. Nasoetion Lt.5, Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi