• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Aplikasi Batik Fisika

AcroBatik: Aplikasi Batik Fisika dan Fashion 2.0

Deskripsi Singkat


Batik Fisika adalah proses pemodelan motif batik baru yang berasal dari motif batik tradisional dengan menggunakan software. Dengan menggunakan Batik Fisika, motif-motif batik tradisional dapat didokumentasi, direkonstruksi ulang dan diinovasikan untuk menghasilkan berbagai jenis motif batik yang jumlahnya tak terbatas.

Ditemukannya model algoritmik dan matematis pada berbagai jenis batik tradisional memberi peluang pemanfaatan teknologi komputer untuk mendokumentasi batik tradisional serta menciptakan pola dan motif batik modern yang inovatif. Inovasi Batik Fisika bisa memberikan landasan ilmiah untuk penerapan hak cipta dan paten budaya. Rencananya undang-undang perlindungan hak cipta akan dibuat untuk melindungi pengetahuan dan ekspresi budaya tradisional Indonesia

Physics Batik Application

 

Short Description


Physics Batik is a modeling process, developed to assist in the documentation, reconstruction, and innovation of the vast varieties of Indonesian traditional batik.

The finding of algorithmic and mathematical model to replicate various traditional batik motifs has made it possible to establish a scientific foundation for the implementation of cultural copyrights and patents. It is a way to protect Indonesias rich cultural and traditional heritages and expressions.


Perspektif

Ditemukannya model algoritmik dan matematis pada berbagai jenis batik tradisional memberi peluang pemanfaatan teknologi komputer sebagai alat bantu (enabler) untuk mendokumentasi batik tradisional, serta menciptakan berbagai pola dan motif batik modern yang inovatif.

Keunggulan Inovasi:

    Software Fisika Batik adalah software aplikasi pertama yang secara terpadu mampu melakukan:
  • Pembacaan motif batik
  • Rekonstruksi motif batik
  • Menuliskan motif dasar batik dalam rumus matematika
  • Melakukan simulasi pada motif batik
  • Mengembangkan model Fisika motif batik
  • Menghasilkan motif batik secara tak terbatas

Potensi Aplikasi:

Selain pemanfaatannya untuk mendokumentasi motif batik tradisional secara nasional, aplikasi Batik Fisika dapat dimanfaatkan untuk menciptakan pola dan motif batik modern yang inovatif.
Batik Personal: batik yang berbeda dengan motif yang pernah ada
Batik Limited: motif batik yang diproduksi secara terbatas.


Innovator:

Tim Inovasi

Sony Febrinda; Hokky Situngkir; Dadan Suhandana

Institusi

IACI

Alamat

Jl. Sarimadu 99, Sarijadi Blok 25, Bandung 40164

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi