• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Api Biru dari Sampah Organik

Menyulap Sampah Basah Organik (sampah pasar) Menjadi Bioethanol/Bio Kerosin/BBN

Deskripsi Singkat


Sampah menjadi masalah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, apalagi sampah pasar yang jumlahnya banyak. Teknologi yang bisa mengolah dan memanfaatkan sampah sangatlah diperlukan.

Pembuatan bioethanol membutuhkan limbah pasar segar seperti sayuran dan buah segar yang dibuang dan dikumpulkan menjadi satu. Sampah kemudian dihancurkan dengan mesin giling sehingga dihasilkan cairan sampah organik yang kemudian difermentasikan selama 7 hari.

Pemanasan dan penyulingan model baru menggunakan pipa spiral pada suhu 80-90°C akan menghasilkan bioethanol dengan kadar 70-80%. Bioethanol ini dapat langsung digunakan sebagai pengganti minyak tanah berkalori tinggi sepanas gas elpiji, atau di pabrik limun, atau sebagai sauce di pabrik rokok, dan lain-lain.

Blue Flame from Organic Trash

 

Short Description


Trash management is a serious problem in the community, and converting organic trash into bioethanol might be the solution.

Bioethanol is developed in decomposition organic trash. Developing a better method and process to harvest high concentrate bioethanol is what the innovation offers.

Using a special distillation equipment at specific temperature range, the developed method and process produces bioethanol with 70-80% concentration.


Perspektif

Menerapkan proses 3R, Reduce, Reuse and Recycle pada sampah pasar segar, tidak saja menghasilkan produk berharga, namun juga menyelesaikan masalah sampah dan memberikan peluang pendapatan bagi mereka yang mau mengelolanya.

Keunggulan Inovasi:

  • Menawarkan solusi permasalahan sampah pasar
  • Metode penyulingan membutuhkan modal awal relatif rendah
  • Menawarkan pilihan baru sumber bahan bakar gas untuk kebutuhan rumah tangga pengganti minyak tanah
  • Kualitas dan konsentrasi bioethanol yang dihasilkan tinggi

Potensi Aplikasi:

Pengelolaan sampah organik yang menghasilkan bioethanol yang dapat dijual ke industri atau sebagai bahan bakar gas untuk kebutuhan rumah tangga. Dapat diaplikasikan di dekat pasar-pasar sayur tradisional, dan digunakan oleh masyarakat sekitarnya.


Innovator:

Tim Inovasi

Soelaiman Budi Sunarto S.H,M.M,M.BA

Institusi

Agro Makmur

Alamat

Jl. Joko Songo 33 Doplang Karangpandan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi