• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Ambil Garamnya, Tiup Airnya

Metoda dan Alat Evaporasi dengan Membran-Siklon Terintegrasi

Deskripsi Singkat


Pada industri pembuatan garam dan gula, digunakan proses evaporasi yang membutuhkan panas yang tinggi. Larutan dipanaskan sampai air menguap dan meninggalkan kristal garam yang diinginkan.

Penggunaan membran akan mempercepat proses evaporasi dengan memperluas permukaan sehingga suhu yang dibutuhkan lebih rendah. Pada metode membran kristalisator, permasalahan terjadi karena pori-pori membran tersumbat oleh kristal yang terbentuk dan mengurangi kinerjanya, sehingga harus diganti secara berkala.

Teknologi membran-siklon, meniupkan udara panas melalui membran langsung ke larutan garam, pemisahan air dari larutan pekat terjadi pada separator siklon, dan kristal garam terbentuk di dasar separator.

Get The Salt, Blow The Water

 

Short Description


Evaporation is used in crystallization process for salt and sugar refinery industries. Usage of membrane will increase evaporation efficiency.

Different from the conventional membrane-crystallization which has clogging problem, the membrane-cyclone technology blows hot air through membrane to salt liquid, and the water (steam) separation happens in the cyclone-separation chamber.


Perspektif

Membran memperluas permukaan kontak antara udara panas dengan cairan. Mengubah desain dengan melewatkan udara melalui pori-pori membran dan bukan cairan yang menguap seperti pada metode membran crystalizator umumnya, akan mencegah masalah tersumbatnya pori-pori membran.

Keunggulan Inovasi:

  • Bentuk yang kompak
  • Mudah pengoperasiannya
  • Hemat energi
  • Menghasilkan air dengan kemurnian tinggi
  • Kristal garam terbentuk di separator sentrifugal yang terpisah memudahkan pengelolaannya

Potensi Aplikasi:

Untuk proses pemekatan pada industri umumnya, seperti pada pembuatan kristal garam dari air laut, industri pembuatan gula, dengan produk samping air bersih bagi daerah dekat pantai.


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. I Gede Wenten

Institusi

Institut Teknologi Bandung

Alamat

Jl. Ganesa 10 Bandung

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi