• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

'USG' 3D Perut Gunung

Visualisasi 3-D Stereografi Struktur Tanah untuk Rekonstruksi, Pemantauan dan Antisipasi Bencana Terowongan Bawah Tanah

Deskripsi Singkat


Pelemahan daya dukung terowongan dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah jalur lemah (patahan), rembesan air dan proses pelapukan. Teknologi ini digunakan untuk menggambarkan tomografi dengan pendekatan seismik dan elektrik, menggunakan Ground Penetrating Radar(GPR) antara permukaan dan terowongan atau antara bor yang kita desain.

Sifat mekanik ( Boundary Element Method) diteliti dengan pendekatan metoda elemen batas untuk memprediksi bagian terowongan yang mengalami tekanan terbesar dan berpotensi menimbulkan bencana.

Metoda-metoda tersebut digabungkan dengan visualisasi 3 dimensi stereographic(3-D stereo) menghasilkan simulasi dan prediksi pelemahan daya dukung terowongan yang bisa ditindaklanjuti dengan penanggulangannya.

Mountain Cavity 3D 'USG'

 

Short Description


Tunnels need to be monitored and maintained to prevent catastrophic disaster. Deteriorating over time, fatigue on a tunnel structure can be detected by monitoring the ground structure above it.

Using 3-D Ground Penetrating Radar (GPR) with seismic and electric tomographics approach, stereographic image is produced, making it able to simulate, predict, and anticipate the fatigue on tunnel structure.


Perspektif

Pencegahan terjadinya bencana seharusnya menjadi prioritas, dan didukung dengan teknologi mampu mensimulasikan, memprediksi dan memberikan rekomendasi pencegahan yang harus dilakukan.

Keunggulan Inovasi:

  • Non destruktif, aman bagi lingkungan, baik dalam perancangan maupun (i)monitoring(/i)
  • Mengintegrasikan berbagai teknologi dan aspek lingkungan
  • Mampu menampilkan secara visual bentuk citra 2-D dan 3-D, berwarna
  • Aplikatif untuk pembangunan infrastruktur bawah tanah

Potensi Aplikasi:

Perencanaan dan pengawasan subway/ terowongan, pembangunan kota bawah tanah, perencanaan infrastruktur bawah air, penambangan bawah tanah, pembuangan sampah berbahaya, pembuatan reservoirbawah tanah, penyelidikan arkeologi dan pencarian harta karun.


Innovator:

Tim Inovasi

Teuku Abdullah Sanny

Institusi

Institut Teknologi Bandung

Alamat

Jl. Ganesha 10, Bandung 40132

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi