• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

'Teh Jawa' Berkhasiat

Formulasi Minuman Fungsional Berbasis Kumis Kucing (Orthosiphon Aristatus (Blume) Miq.) dan Proses Pembuatannya

Deskripsi Singkat


Kumis Kucing telah dikenal luas dalam masyarakat Indonesia dan memiliki khasiat pengobatan memperlancar saluran air seni. Inovasi ini menawarkan pemanfaatan kumis kucing untuk dijadikan minuman fungsional yang dinamakan teh Jawa

Pembuatan formula minuman dibuat dengan campuran ekstraksi dari kumis kucing (60%), jahe, secang, temulawak, dan lemon. Proses pembuatan formula selanjutnya dilakukan dengan mencampur ekstrak rempah yang telah dipersiapkan.

Formula dapat digunakan sebagai sumber antioksidan dan juga sebagai peluruh batu ginjal. Pencampuran rempah-rempah dalam formulasi minuman, dilakukan untuk memperoleh suatu kombinasi dengan aktivitas yang lebih tinggi, dibandingkan jika hanya digunakan secara terpisah/tunggal.

Rejuvenating Java Tea

 

Short Description


Kumis Kucing, also known as Java tea, can be combined with other extracts such as ginger, secang, curcuma and lemon with 6:4 proportion to become a functional natural antioxidant drink.

The functional drink, is believed to have urolitiasis antilithic function (solution for some stone kidney problems), and along with other extracts delivers other benefits for the body.


Perspektif

Mempelajari, menggunakan dan menggabungkan kearifan lokal dalam hal pengobatan herbal alami, dan menjadikannya minuman yang enak sekaligus menyehatkan karena menjadi sumber antioksidan dan solusi bagi beberapa problem batu ginjal.

Keunggulan Inovasi:

  • Bahan baku mudah didapat
  • Teknologi sederhana ramah lingkungan
  • Tidak memerlukan peralatan pengolahan yang canggih
  • Semua komposisi disiapkan dalam bentuk yang dapat diukur dengan kuantitatif dan tingkat keberulangan yang tinggi
  • Pendekatan formulasi dilakukan secara komprehensif melibatkan semua atribut mutu dengan optimasi menggunakan design expert software 7.0®

Potensi Aplikasi:

Pembuatan minuman fungsional antioksidan alami untuk industri pangan minuman, farmasi atau jamu, juga kemampuan institusi dalam hal penelitiandan pengembangan produk dapat diaplikasikan untuk pengembangan minuman-minuman fungsional lainnya.


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Dr. Ir. C. Hanny Wijaya M.Agr

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Dit. Riset Kajian dan Strategis Ged. Rektorat AHN Lt. 5 Kampus IPB Darmaga Bogor 16680

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi