• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

ISIP – “Technology Transfer Policy and Strategy” Workshop




Sebagai bagian kerjasama bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Swiss, pada tanggal 1 - 3 Maret 2016 diselenggarakan Workshop tentang strategi dan kebijakan alih teknologi. Workshop selama tiga hari ini dipandu oleh Dr. Matthias Holling dari Technopark, Zurich, dan bertindak sebagai co-facilitator adalah Kristanto Santosa,  Direktur Eksekutif Business Innovation Center (BIC).   

Wokshop yang diselenggarakan di auditorium Direktorat Jenderal Hak dan Kekayaan Intelektual ini dibuka oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Prof.Dr. Ahmad M. Ramli, dan juga menghadirkan narasumber dari Kementerian Ristek Dikti, Dr. Sajuga, Ir. Wisnu Sardjono Soenarso, M.Eng., dan Dr. Lukito H. Pratopo. Selain itu workshop juga menghadirkan tokoh / praktisi alih teknologi Indonesia: Prof. Dr. I Gede Wenten dari ITB, dan Dr. Nurul Taufiqu Rochman dari Pusat Inovasi LIPI. 

Workshop ini diharapkan dapat menjadi masukan yang "tepat waktu" bagi pemerintah Indonesia, yang telah mencanangkan untuk membangun 100 Technopark sampai tahun 2019, yang dalam kegiatannya memerlukan kompetensi dalam mengembangkan kebijakan dan strategi alih teknologi. Workshop diikuti hampir 40 peserta, yang datang dari berbagai Universitas Riset Pemerintah maupun Swasta, Lembaga LitBang Kementerian, LitBang RistekDikti, LitBang Daerah, pejabat di DitJen HKI, serta  beberapa konsultan Paten dan Oktrooi swasta.

Workshop diakhiri dengan presentasi dari setiap kelompok diskusi, mengenai apa yang telah dipelajari selama workshop tersebut, dan rencana serta strategi penerapannya di lingkungan kerja mereka masing-masing.

(AMP-MDU-KS)


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

Sinergi A-B-G: Membangun Model Techno-Center di Indonesia

Setelah melalui serangkaian pertemuan akhir-pekan, pada 21 Mei 2019 dilaksanakan pertemuan pendahulu

Indonesia Innovation Award - 2019

Setiap organisasi bisnis dan organisasi pemerintah harus bisa melakukan adaptasi terhadap perkembang

Universitas Indonesia Memaknai “Open Innovation”

Dalam era “wacana” Open Innovation, Universitas Indonesia (UI) sepertinya ingin menunjuk

INFO: Serangan Cyber ke Web BIC

Setelah berkiprah tanpa gangguan yang berarti selama lebih dari 11 tahun, pada hari Jum’at 12

“100+ Inovasi Indonesia” Menuju Layanan E-Incubator BIC

BIC tengah mengembangkan sistem inkubator bisnis baru yang diharapkan akan dapat  secara efisie