• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Entrepreneurship Bootcamps Hari ke 4 : Dua Jawara Entrepreneurship Indonesia Hadir untuk Berbagi




Di hari keempat pelaksanaan program Entrepreneurship Bootcamps oleh GIZ (Sabtu, 25 November 2017), peserta mendapatkan kesempatan untuk mendengar dan menimba ilmu dari narasumber tamu yang sudah berpengalaman di dunia bisnis dan start-up. Mereka adalah Dr. Agung Bayu Waluyo (Ciputra Entrepreneurship Center) dan Muhammad Maulana (Uno Capital) yang berbagi ilmu dan pengalaman tentang membangun start-up selama kurang lebih 3 jam.

Di sesi pertama, Dr. Agung Bayu Waluyo menyampaikan 3 hal yang dibutuhkan oleh seorang pebisnis sukses, yaitu penciptaan peluang, kemampuan berinovasi, dan keberanian mewujudkan gagasan. Dalam hal inovasi, bisnis haruslah sebuah solusi atas suatu masalah yang terjadi, atau sebuah pain reliever dari masalah yang dirasakan konsumen di lapangan. Namun, Dr. Agung mengingatkan untuk tetap berhati-hati dalam melihat suatu masalah, beliau mengatakan "Apa yang kita pikirkan masalah, bisa jadi bukanlah masalah bagi orang lain, maka itulah pentingnya market analysis; menentukan siapa sebenarnya customer dari bisnis Anda".

Pada sesi kedua, Muhammad Maulana memberikan sudut pandang lain tentang memulai sebuah start-up. Dia menjelaskan pentingnya rasa eagerness  (keinginan) dan hungriness (rasa lapar), yang akan terus mendorong seseorang untuk gigih dalam menghadapi tantangan.

Diawal menyusun business model canvas, setiapstart-up akan menghadapi masa-masa sulit, yang secara perlahan akan terasa mudah seiring dengan bertambahnya pengalaman dan "jam terbang". "Failure is part of business" terang Maulana ditengah-tengah penjelasan.

Di akhir, Maulana juga menyampaikan beberapa tips yang cukup berkesan bagi para peserta; focus on your goal, read great books, grow spiritually, stay low-key, drink water, meditate, dan workout. Dengan berakhirnya sesi sharing, berakhir pula kegiatan BID 2.0 hari ke-4, sebelum ditutup oleh materi pengayaan tentang business plan, yang disampaikan oleh Kristanto Santosa.  


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

Sinergi A-B-G: Membangun Model Techno-Center di Indonesia

Setelah melalui serangkaian pertemuan akhir-pekan, pada 21 Mei 2019 dilaksanakan pertemuan pendahulu

Indonesia Innovation Award - 2019

Setiap organisasi bisnis dan organisasi pemerintah harus bisa melakukan adaptasi terhadap perkembang

Universitas Indonesia Memaknai “Open Innovation”

Dalam era “wacana” Open Innovation, Universitas Indonesia (UI) sepertinya ingin menunjuk

INFO: Serangan Cyber ke Web BIC

Setelah berkiprah tanpa gangguan yang berarti selama lebih dari 11 tahun, pada hari Jum’at 12

“100+ Inovasi Indonesia” Menuju Layanan E-Incubator BIC

BIC tengah mengembangkan sistem inkubator bisnis baru yang diharapkan akan dapat  secara efisie