• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

AGILIZING INNOVATION: ROADSHOW BERSAMA DR FLORIN PAUN




Sekalipun seminar / workshop “Accelerating Indonesia’s Innovation” ditangguhkan, Dr. Florin Paun berkenan tetap datang ke Indonesia, dan menawarkan diri berkeliling memberikan paparan tentang “Agilizing Innovation”.  Dikatakannya bahwa, menjadi agile dalam kehidupan, termasuk dalam berinovasi, adalah suatu keharusan untuk dapat bertahan di era global yang berubah dengan dinamis, disruptif, dan sangat cepat.

Pada paparan-paparan yang disampaikannya, Dr. Florin Paun memberikan penjelasan secara gamblang; mengapa pengelolaan inovasi yang hanya mengandalkan tingkat kesiapan teknologi (Technology Readiness Level / TRL) akan membawa proses inovasi memasuki lembah kematian (Valley of Death), dan akibatnya sebagian besar gagasan inovasi yang hebat harus mengalami kegagalan, karena tidak berhasil keluar dari lembah kematian tersebut.  Dr. Paun mengutip definisi inovasi Prof. E. Von Hippel (Harvard/ MIT) bahwa inovasi harus memenuhi empat kata: Successful Exploitation of a New Idea”. Jadi suatu gagasan inovasi yang sekalipun hebat, kalau terbenam di “lembah kematian” tidak dapat memenuhi kriteria “Successful Exploitation”.

Untuk Itu, Dr. Paun, berdasarkan pengalaman suksesnya sebagai Direktur Inovasi Badan Ruang Angkasa Perancis ONERA, mengusulkan agar kriteria hilirisasi inovasi dari ranah litbang menuju komersialisasi / aplikasi, tidak hanya didasarkan pada progress menggunakan skala TRL, tapi harus didasarkan pada kriteria “hibrida” TRL dan DRL yang dikembangkan dan dipatenkannya: TRL + DRL > 9.     

Roadshow Dr. Paun selama seminggu, mendapat tanggapan yang antusias dari berbagai kalangan akademisi, bisnis, dan pemerintah, a.l: Pappiptek LIPI, Bappenas, BLST - IPB, President University, Bank BRI, Pusat Unggulan Iptek (RistekDikti), dan dari Asosiasi Energi Surya Indonesia.

Berdasarkan sambutan dan berbagai masukan dari kegiatan roadshow, BIC berencana untuk menggelar kembali workshop yang ditangguhkan bersama Dr. Florin Paun dan M. Philippe Richard, pada tahun 2019 mendatang; untuk memastikan bahwa Indonesia berhasil mengakselerasikan inovasinya, demi kemandirian dan daya saing bangsa.

 

 (KS18/12/18)


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

MENYAMBUT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1440 H

Di penghujung bulan suci ramadhan 1 Syawal 1440 H,  BIC mengadakan acara buka puasa bersama par

Sinergi A-B-G: Membangun Model Techno-Center di Indonesia

Setelah melalui serangkaian pertemuan akhir-pekan, pada 21 Mei 2019 dilaksanakan pertemuan pendahulu

Indonesia Innovation Award - 2019

Setiap organisasi bisnis dan organisasi pemerintah harus bisa melakukan adaptasi terhadap perkembang

Universitas Indonesia Memaknai “Open Innovation”

Dalam era “wacana” Open Innovation, Universitas Indonesia (UI) sepertinya ingin menunjuk

INFO: Serangan Cyber ke Web BIC

Setelah berkiprah tanpa gangguan yang berarti selama lebih dari 11 tahun, pada hari Jum’at 12