Inovasi Indonesia

Membangun Indonesia melalui Inovasi bersama BIC

PanganEnergiTransportTIKHanKamSehat ObatMaterial MajuLainnya

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z 0-9

Ambulans Ikan

Fish Ambulance

Sistem Pengepakan Ikan dengan Zeogracc

Deskripsi Singkat:

Teknologi pengepakan menjadi kunci keberhasilan dalam pengiriman ikan dengan kuantitas dan kualitas yang baik serta biaya seminimal mungkin. Zeogracc adalah inovasi teknologi pengepakan ikan yang berbasis formulasi sumber daya lokal, seperti Zeolite, arangaktif, cloveoil, dan salat. Zeogracc dikemas dan ditempatkan di dalam media sistem transportasi.

Zeogracc mampu mempertahankan kelangsungan hidup ikan hias maanvish (Pterophyllum scalare)sampai 400% lebih padat dan 10 kali lebih lama dari yang biasa dilakukan oleh petani. Zeogracc juga mampu mampu mempertahankan kelangsungan hidup ikan patin sampai 90% dengan kepadatan benih ikan 430% lebih padat dan 6 kali lebih lama dari yang biasa dilakukan oleh petani.

Zeogracc is a fish-packing new technology which based on local resources formulation, such as Zeolite, active-charcoal, cloveoil, and salat. Zeogracc can be packed and placed in a transportation system. Zeogracc is able to mantain continuity of ornamental fish lives up to 10 times longer than farmer usually does.

Perspektif:
Ikan hidup untuk konsumsi nilainya berlipat ganda dibandingkan dengan yang sudah mati. Ikan hias mati bahkan tidak ada harganya sama sekali. Karena itu nilai inovasi yang mampu mempertahankan ikan tetap hidup dalam pengangkutan ini, bukan karena menciptakan nilai, tapi mempertahankan nilai.

Keunggulan Inovasi:
  • Zeogracc mampu mempertahankan kelangsungan hidup ikan hias maanvish sampai 400% lebih padat dan 10 kali lebih lama dari yang biasa dilakukan oleh petani.
  • Zeogracc juga mampu mampu mempertahankan kelangsungan hidup ikan patin sampai 90% dengan kepadatan benih ikan 430% lebih padat dan 6 kali lebih lama dari yang biasa dilakukan oleh petani.
Potensi Aplikasi:

Dapat digunakan pada sistem transportasi ikan hidup, baik benih ikan konsumsi maupun ikan hias.



Inovator
Nama : Dr. Ir. Eddy Supriyono, M.Sc
Institusi : Institut Pertanian Bogor
Alamat : Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga - Bogor 16680
Status Paten: Dalam Proses Pengajuan
Kesiapan Inovasi: * Prototype
Kerjasama Bisnis: ** Luas
Peringkat Inovasi: * Prospektif

Hubungi Kami

PQM Building, Ground Floor,
Cempaka Putih Tengah 17C no. 7a, Jakarta 10510, Indonesia.

 
  • Telepon:
    (+62) 21 4288 5430
  • (+62) 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • (+62) 8118 242 462 (BIC-INA)
  • Fax:
    (0) 21 2147 2655

Senin - Jum'at: pk. 9.00 - 16.30

Kami ada di Jejaring Sosial. Ikuti kami & terus berhubungan.