• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Patin Raksasa Luar Biasa

IKAN PATIN ‘PERKASA’ HASIL PEMULIAAN BALAI RISET PEMULIAAN IKAN SIAP BERKONTRIBUSI DALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PERIKANAN BUDIDAYA

Deskripsi Singkat


Ikan patin siam (Pangasius hypophthalmus) adalah ikan budidaya yang semakin populer karena laju pertumbuhannya yang cepat, mudah diproduksi secara masal, cita rasa daging yang enak dan digemari masyarakat. Kepesatan perkembangan budidaya ikan patin siam mengakibatkan terjadinya pemijahan induk tanpa mempertimbangkan asal usulnya, yang berdampak pada  penurunan mutu genetis ikan.

Inovasi ini melakukan perbaikan mutu genetis ikan patin melalui program pemuliaan, dalam rangka merakit strain ikan patin siam unggul yang tumbuh cepat. Hasil pemuliaan selama dua generasi menunjukkan respons seleksi kumulatif berdasarkan ukuran bobot sebesar 38,86%, yaitu sebesar 20,91% pada populasi generasi pertama dan sebesar 17,95% pada populasi generasi kedua, dengan tingkat kelangsungan hidup 99%, dan rasio konversi pakan (FCR) antara 1,1 dan 1,2, yang merupakan perbaikan sebesar 5,6 - 16,3 %.


 

The Incredible Giant Silver Catfish

 

Short Description


Siamese catfish (Pangasius hypophthalmus) is a cultured fish that is increasingly popular because of its fast growth rate, easy mass production, and delicious meat taste. The rapid increase of catfish farming has resulted in random broodstock spawning, which has caused the decreasing genetic quality of the fish. This innovation improves the genetic quality of catfish through a breeding program, in order to obtain fast-growing, superior siamese catfish strains. The results of two generations of breeding show a cumulative selection response based on weight size of 38.86%, which is 20.91% in the first generation population and 17.95% in the second generation population, with a survival rate of 99%, and feed conversion ratio. (FCR) between 1.1 and 1.2, which is an improvement of 5.6 - 16.3%.

Perspektif

Secara tradisi, masakan ikan patin adalah sajian mewah dan merupakan kuliner khas di beberapa provinsi di Sumatera. Inovasi ini akan memastikan, bahwa  kemewahan tradisi sajian ikan patin akan dapat dinikmati masyarakat Indonesia dengan harga yang terjangkau.    

Keunggulan Inovasi:

  • Teknologi budidayanya mudah diterapkan karena tidak memerlukan teknologi baru yang spesifik. 
  • Respons seleksi kumulatif berdasarkan ukuran bobot sebesar 38,86% setelah pemuliaan dua generasi,
  • Tingkat kelangsungan hidup bibit yang tinggi 99%, dan rasio konversi pakan (FCR) yang juga tinggi, antara 1,1 dan 1,2,
  • Daya tahan penyakit terhadap infeksi  bakteri Aeromonas hydrophila lebih tinggi: 85,73 % dibanding bibit patin lokal.
  • Tidak menimbulkan dampak negatif terhadap kelestarian lingkungan, karena bukan merupakan spesies baru yang berbeda dari strain-strain ikan patin siam lain yang telah ada sebelumnya.

Potensi Aplikasi:

Inovasi ini telah diaplikasikan di masyarakat dengan memuaskan, dan berpotensi diperluas lagi ke pembudidaya ikan patin di seluruh Indonesia. 
 

Innovator:

Tim Inovasi

ISI

Institusi

ISI

Alamat

ISI

Status Paten

Tidak Ingin Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

Kerjasama bisnis

Peringkat Inovasi


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi