• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Laboratorium Canggih di Kandang Domba

CEK KURANG DARAH DENGAN PUSARAN KAIN

Deskripsi Singkat


Pemeriksaan nilai hematokrit darah yang diperlukan untuk mengevaluasi kondisi kesehatan ternak hanya dapat dikerjakan di laboratorium khusus dengan mesin sentrifugasi. Tidak tersedianya akses laboratorium dari lapangan menyebabkan evaluasi kesehatan ternak menjadi lama, sehingga tindakan pengobatan menjadi terlambat dan mahal. 

Inovasi ini mengembangkan alat sentrifugasi manual yang digerakkan dengan tarikan tangan, dan dapat menghasilkan putaran lebih dari 2.000 rpm, dengan efektifitasnya mencapai 99% jika dibandingkan dengan centrifuge laboratorium, dalam mendapatkan nilai hematrokrit darah dalam waktu 15 menit dengan 14 kali tarikan tangan.  Alat ini telah teruji secara in vivo dapat digunakan untuk menilai nilai hematokrit pada domba secara langsung di kandang.

State-of-the-Art Laboratory in Sheepfold

 

Short Description


Examination of the blood hematocrit value needed to evaluate the health condition of livestock, that can only be done in a special laboratory equipped with a centrifugation machine. The limited access to the laboratory from the field causes the evaluation of livestock health take longer time, that delay the treatment and also costly. This innovation develops a manually hand pulled centrifuge, that can produce rotations of more than 2,000 rpm, with 99% effectiveness if compared to results of laboratory centrifuges in obtaining the blood hematocrit value. The process takes 15 minutes with 14 hand pulls. This tool has been successfully tested in-vivo. 

Perspektif

Teknologi disebut tepat guna, kalau terbukti relevan dan teruji berguna di lapangan.      

Keunggulan Inovasi:

  • Inovasi ini memungkinkan dilakukannya pemantauan kesehatan hewan di lapangan yang jauh dari laboratorium, khususnya untuk pengukuran nilai hematokrit darah. 
  • Perangkat sentrifugal manual bekerja tanpa memerlukan  daya listrik, hasil diperoleh dalam 15 menit, cukup dengan 14 kali tarikan tangan.  
  • Teruji secara in-vivo dalam mendapatkan nilai hematrokrit darah sample, dengan efektivitas 99% ika dibandingkan dengan hasil laboratorium.
  • Biayanya jauh lebih murah, dan hasilnya jauh lebih cepat diperoleh, jika dibandingkan dengan pemeriksaan yang dilakukan di laboratorium.   

Potensi Aplikasi:

Inovasi ini dapat diaplikasikan untuk pemeriksaan nilai hematokrit darah domba, untuk pemantauan kesehatannya di lapangan yang jauh dari sarana laboratorium. Alat ini berpotensi digunakan untuk melakukan pemeriksaan hematokrit hewan atau ternak lainnya.

 

Innovator:

Tim Inovasi

drh. Mokhamad Fakhrul Ulum M.Si, PhD Drs. Pudji Achmadi M.Si. Fathan Abdul Aziz

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Jln Agatis Kampus IPB Dramaga Bogor, Departemen Klinik Reproduksi dan Patologi, Fakultas Kedokteran Hewan

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi