• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Dari Sekam Padi Jadi Energi Api

TUNGKU SEKAM SKALA INDUSTRI KECIL

Deskripsi Singkat


Sekam  adalah biomassa limbah penggilingan padi yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan bahan baku industri, campuran pakan ternak, bahkan dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif pengganti kompor minyak tanah/gas dan membantu masyarakat dalam usaha skala industri kecil.. 

Inovasi ini berupa tungku sekam padi dengan  wadah pembakaran berbentuk kerucut terbalik dari seng, dengan dua buah plat seng yang dipasang di sisi kerucut sebagai pemasok aliran udara tanpa diperlukan kipas angin. Sebagai isolator, digunakan kendi tanah liat sebagai pemegang silinder seng ruang pembakaran. Rancangan tungku ini teruji menghasilkan efisiensi pembakaran yang tinggi, yang menghasilkan aliran udara panas dengan efisiensi energi berkisar 12% sampai dengan 18%.



 

From Rice Husk To Fire Energy

 

Short Description


Rice husk is a biomass waste from rice milling, which can be used for various needs, such  as industrial raw materials, mixture of animal feed, and can even be used as an alternative energy source to replace kerosene / gas stoves, and help people in small industrial scale businesses. This innovation is a rice husk furnace with an inverted conical combustion container, with two metal plates mounted on the side of the cone to supply air flow without the need for a fan. As an insulator, a clay jug was used as holder for the combustion chamber. This furnace design has been tested for high combustion efficiency, resulting in hot air flows with energy efficiency ranging from 12% to 18%.

Perspektif

Indonesia diberkahi dengan biomassa yang melimpah sepanjang tahun, yang seharusnya dimanfaatkan sebagai sumber energi yang terbarukan, dan terlepas dari ketergantungan ke energi minyak bumi yang semakin terbatas.     

Keunggulan Inovasi:

  • Menggunakan sekam sebagai energi alternatif yang harganya sangat murah  dan tersedia melimpah
  • Dirancang bekerja tanpa memerlukan pengatur udara dengan kipas angin listrik 
  • Efisiensi konversi energi yang tinggi, antara 12% sampai 18%
  • Tungku sepenuhnya dibuat dari bahan yang mudah didapat di pasar. 

Potensi Aplikasi:

Inovasi tungku sekam berskala industri kecil dapat diaplikasikan sebagai pengganti kompor minyak tanah dan gas, sehingga dapat mengurangi biaya produksi.  Karena rancangannya yang sederhana, dan memanfaatkan bahan yang mudah diperoleh, tungku ini dapat diproduksi oleh industri kecil dan menengah, sehingga dapat membantu pemerintah dalam menggerakkan ekonomi, dan membangun kemandirian industri.
 

Innovator:

Tim Inovasi

1 Dr.Ir. Irmansyah, M.Si 2 Dr. Ir. Irzaman, M.Si 3 Prof. Dr. Husin Alatas, M.Si 4 Ahmad Yani

Institusi

IPB

Alamat

IPB

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi