• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Bambu Anti Gatal

SALEP ANTISCABIES PADA KELINCI DARI EKSTRAK DAUN BAMBU

Deskripsi Singkat


Inovasi ini mengembangkan salep dari ekstrak daun bambu dengan basis vaseline putih dan asam salisilat untuk mengatasi infeksi scabies pada hewan ternak.  Hasil uji coba pada kelinci menunjukkan, bahwa formula salep ekstrak daun bambu ini efektif mengobati scabies; lebih efektif dibanding uji kontrol dengan salep Wormectin, Ivomec, Gusanex maupun minyak goreng yang umumnya dipakai mengobati scabies pada ternak. Pada hari ke sepuluh, sudah tidak ada lagi luka infeksi scabies pada semua kelinci uji coba.

Dengan telah dipastikannya khasiat dan tingkat keamanan salep ekstrak daun bambu pada tahap uji praklinik pada kelinci, selain sebagai obat ternak, inovasi salep ini dapat  diteruskan menuju uji klinik untuk mengatasi masalah scabies dan gatal-gatal pada manusia; sehingga bisa memberi manfaat yang besar bagi kesehatan masyarakat.

Anti-Itching Bamboo

 

Short Description


This innovation develops an ointment from bamboo leaf extract to treat scabies in livestock. The results of trials on rabbits showed that the bamboo leaf extract ointment formula was effective in treating scabies; more effective than the control group treatment with Wormectin, Ivomec, Gusanex ointment, and cooking oil; which is commonly used to treat scabies in livestock.  Having ensured the efficacy and safety level of bamboo leaf extract ointment
as veterinary medicine, this innovative ointment may proceed into clinical trials for human applications; so that it can provide benefits for public health at large.

Perspektif

Tanaman bambu yang seringkali dihindari orang karena bulunya yang mengakibatkan alergi pada kulit (gatal), ternyata menyimpan potensi untuk mengobati gatal.     

Keunggulan Inovasi:

  • Teruji efektif mengatasi scabies pada hewan ternak,  lebih efektif dibandingkan berbagai obat scabies  yang telah umum dipakai  
  • Menggunakan bahan aktif alami dari ekstrak  daun bambu.
  • Berpotensi dikembangkan sebagai obat scabies dan gatal=gatal untuk manusia  
  • Memanfaatkan daun bambu yang saat ini tidak memiliki nilai ekonomis.

Potensi Aplikasi:

Inovasi ini berpotensi dikembangkan untuk mengobati luka dan gatal untuk manusia, dan memiliki indikasi awal berpotensi dikembangan menjadi obat untuk tumor dan kanker  payudara (penelitian sedang in-progress). 

Innovator:

Tim Inovasi

ISi

Institusi

ISI

Alamat

ISI

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi