• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Workshop dan Sosialisasi Program BIC 108 Inovasi Indonesia



Depok, 1 Juni 2016. Bekerjasama dengan Business Innovation Center (BIC), Direktorat Inovasi dan Inkubasi Bisnis (DIIB) Universitas Indonesia mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Workshop Program BIC 108 Inovasi Indonesia. Acara ini bertujuan untuk menjaring para inovator prospektif dari lingkungan kampus UI, sekaligus memfasilitasi dan mendorong minat mereka untuk meng-hilirisasi hasil inovasinya melalui buku 100+ Inovasi Indonesia.

Sebagai informasi, buku 100+ Inovasi Indonesia adalah suatu program pembuatan buku tahunan oleh BIC, dimana para inovator dari seluruh Indonesia bersaing untuk menjadi 100+ yang terbaik. Inovator-inovator tersebut nantinya berkesempatan gratis untuk memamerkan hasil inovasinya ke dalam buku 100+ Inovasi Indonesia yang akan disebar ke seluruh penjuru Indonesia dan dibagikan kepada berbagai praktisi bisnis, akademisi, pemerintah maupun tokoh masyarakat. Dengan adanya publikasi buku tersebut, diharapkan penelitian mereka tidak akan berakhir hingga lembaga litbang dan perpustakaan saja, tetapi juga dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat luas.

Acara Sosialisasi dan Workshop yang berlangsung selama lebih kurang 3 jam itu dibuka oleh Direktur DIIB, Dr. Djoni Hartono, lalu dilanjutkan dengan sesi materi yang terbagi menjadi dua dengan narasumber dari BIC, yaitu: Kristanto Santosa dan Dodie Prawisudo. Pada sesi pertama, Kristanto Santosa memaparkan tentang proses inovasi, bagaimana agar inovasi mampu dikembangkan dari prototype hingga komersialisasi. Setelahnya, di sesi kedua Dodie Prawisudo memberi tips-tips tentang bagaimana membuat proposal inovasi yang prospektif, kemudian mensimulasikannya ke dalam situs BIC (bic.web.id).

Di penghujung acara, DIIB UI yang diwakili oleh Kepala Subdit Pengembangan Inovasi, Dr. Cuk Imawan, mengajak kepada seluruh peserta yang hadir untuk turut berperan serta aktif mengirimkan proposal inovasinya kepada BIC. Hal tersebut dimaksudkan agar UI dapat meningkatkan jumlah inovatornya ke dalam buku 100+ Inovasi Indonesia dari yang sebelumnya terpilih hanya beberapa persen di buku 107 Inovasi Indonesia ditargetkan menjadi 40-50% di 108 Inovasi Indonesia, dengan demikian UI telah mampu menyaingi universitas-universitas ternama di Indonesia lainnya.

(DP/060316)


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn

Program Certified Innovation Professional (CIP) dan Certified Innovation Manager (CIM) – 2024

Workshop Online CIP / CIM untuk tahun 2024 akan segera digelar lagi, dan angkatan pertama akan dimul

SETELAH INOVASI KITA MEROKET DI GII

Di tengah-tengah merebaknya Pandemi Covid-19 lebih dari tiga tahun lalu, BIC memuat tulisan tentang