• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Workshop : “How to Accelerate Public Private Partnership in Research” FK UI



Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil riset di bidang kedokteran, dan membangun jejaring kerjasama ABGC (Academic, Business, Government, Community), Indonesia Innovation for Health (INNOVATE) yang merupakan unit Technology Transfer Office (TTO) yang berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menyelenggarakan Workshop bertajuk “How to Accelerate Public Private Partnership in Research”. Pihak-pihak yang mewakili ABGC, diundang untuk berbagi pengalaman dari sudut pandang masing-masing, yang berkaitan dengan pengembangan dan kolaborasi penelitian di bidang kedokteran.

Acara yang diselenggarakan di gedung IMERI (Indonesian Medical Education and Research Institute), Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta pada tanggal 14 November 2017 ini,  diikuti oleh pihak-pihak yang mewakili ABGC; Bambang Setiadi (Dewan Riset Nasional), Boen Setiawan (PT Kalbe Farma), Budi Wiweko (Manajer Riset FK UI), dan Erna Setiawati (GP Jamu). Kristanto Santosa (BIC) sebagai praktisi intermediasi ABGC, diundang untuk berbagi cerita tentang “Force Field Analysis Kolaborasi Bisnis - Litbang di Indonesia

Dalam paparannya, Kristanto menyampaikan tantangan yang umum dihadapi, diantaranya adalah iklim regulasi yang kurang mendukung terjalinnya kerjasama antara Litbang dengan Swasta. Kristanto menyampaikan “Kadang kita harus memulai terlebih dulu, untuk merubah regulasi. Bukan menunggu regulasi, baru kita memulai. Untuk memulai kerjasama tidak harus selalu dengan triple helix, kita dapat memulai dengan double helix (Litbang dan Swasta)”.

Alhasil, kegiatan ini diharapkan dapat mempererat kerjasama ABGC dan mendorong komersialisasi produk penelitian di bidang kedokteran, yang pada akhirnya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

 


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

SELAMAT IDUL FITRI 1445 -H

Hari ini kita telah sampai ke penghujung ramadan, dan hari kemenangan akan tiba esok, Semoga Allah

"116 IN0VASI INDONESIA-2024" DIMULAI !!

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah proyek strategis nasional yang akan diresmikan pada 17 Agustu

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn