• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Universitas Indonesia Memaknai “Open Innovation”



Dalam era “wacana” Open Innovation, Universitas Indonesia (UI) sepertinya ingin menunjukkan inisiatif terobosan dengan melakukan tindakan nyata.  BIC telah diajak ikut berpartisipasi oleh dua lembaga inovasi UI untuk mengisi prakarsa “Open Innovation@UI”: Direktorat Inovasi & Inkubator Bisnis (DIIB) dan Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI) dari Fakultas Kedokteran UI.

Pada tanggal 11 April 2019 yang lalu, DIIB-UI mengundang BIC bersama beberapa penyelenggara lomba inovasi lainnya untuk menyampaikan paparan dan promosi dalam forum “Sosialisasi Penghargaan dan Kompetisi Inovasi di Luar UI-2019”. Melalui kegiatan ini, DIIB-UI berharap dapat menampilkan beragam karya inovasi UI yang memiliki potensi untuk dihilirisasi. Ke depan, sivitas akademika UI yang memiliki produk inovasi diharapkan dapat berpartisipasi dan berkontribusi ke dalam kegiatan-kegiatan pengembangan inovasi di luar UI, sekaligus dapat semakin mendorong pertumbuhan iklim inovasi di lingkungan UI.

Pada tanggal 27 April 2019 minggu lalu, giliran IMERI-UI mengajak BIC kembali “menonton” dan memberi masukan bagi prakarsa IMERI melalui lomba “Open Innovation” tahun yang ke 3, sejak dimulai pada tahun 2017. IMERI mencanangkan misinya sebagai lembaga pelopor inovasi sektor kesehatan di Indonesia; untuk mendorong terjadinya kolaborasi pendidikan, riset, dan inovasi, di antara inovator kesehatan di lingkungan UI, dengan para inovator baik dalam lingkup nasional maupun internasional. Lomba “3rd Open Innovation” tahun ini diikuti oleh lebih dari 30 team inovator “muda” dari seluruh Indonesia.

“Open Innovation” melalui kolaborasi inovator multi-disiplin dan multi-lembaga,  oleh UI dijawab dengan memraktekkan atau berksperimen melalui strategi “inside-out” oleh DIIB, dan “outside-in” oleh IMERI.  Sesuatu yang mungkin dapat menjadi “benchmark” bagi Universitas Riset dan Lembaga LitBang lain di Indonesia; yang seringkali terperangkap pada sindroma NIH (not invented here).  Salam inovasi!

(KS 290419)


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn

Program Certified Innovation Professional (CIP) dan Certified Innovation Manager (CIM) – 2024

Workshop Online CIP / CIM untuk tahun 2024 akan segera digelar lagi, dan angkatan pertama akan dimul

SETELAH INOVASI KITA MEROKET DI GII

Di tengah-tengah merebaknya Pandemi Covid-19 lebih dari tiga tahun lalu, BIC memuat tulisan tentang