• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

UP-SCALING: Untuk UMKM Jabar Naik Kelas



Salah satu tantangan pemerintah Provinsi Jawa Barat adalah pemanfaatan bonus demografi kita melalui pencetakan lebih banyak wirausaha baru untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, membuka lapangan kerja, dan berkontribusi pada peningkatan ekonomi Jawa Barat.  Program pencetakan wirausaha baru telah digencarkan dengan program Seratus Ribu Wirausaha Baru Jawa Barat, dengan tujuan untuk menciptakan wirausaha yang berdaya saing, dengan basis sinergitas para stakeholder ABCGM nya: Akademisi-Bisnis-Komunitas-Pemerintah-Media.

Pada tanggal 22 Januari 2019, Tim Sinergitas A-B-C-G-M untuk UMKM Jabar Naik Kelas, telah mengundang BIC untuk memberikan paparan tentang relevansi inovasi bisnis untuk mendukung UMKM Jabar melakukan upscaling pada bisnis mereka, alias berhasil “naik kelas”.

Pada paparan yang dihadiri oleh lebih dari 100 pelaku UMKM Jawa Barat, Direktur Eksekutif BIC Kristanto Santosa, mendorong para pelaku UMKM Jabar agar senantiasa berpikir “Blue Ocean”, dengan cara memikirkan ulang model bisnis mereka. Kristanto berargumen bahwa di era ekonomi global saat ini, pebisnis UMKM hanya mungkin naik kelas, kalau mereka berhasil “tampil beda” (differentiated) dibandingkan dengan pelaku UMKM lain.

Inovasi dalam produk yang ditawarkan, dalam cara berhubungan dengan konsumen, dalam cara memproduksi, dalam cara bermitra, dalam cara mengelola karyawan, bahkan inovasi dalam cara bertransaksi; membuka peluang bagi pelaku bisnis untuk “tampil beda”, menjadi lebih berdaya saing, atau bahkan membuat persaingan tidak lagi relevan; sehingga berpeluang untuk naik kelas dengan sukses.      

 (KS/26/12/18)


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

BIC BLOG: Ideas for Making Indonesia's Innovation Work 

BIC memprakarsai penghimpunan pemikiran-pemikiran dan gagasan-gagasan tentang bagaimana Indonesia bi

Jawara Inovasi Global 2021

Korea Selatan kembali ke posisi pertama, dan Singapura mencuat sebagai "runner-up" dalam I

“112 Inovasi Indonesia - 2020” TERPILIH!

Setelah tertunda sebulan lamanya, akhirnya pemilihan "112 Inovasi Indonesia-2020" berhasil

RKSA - 2021: Hilirisasi Inovasi untuk Menyehatkan Bangsa

RISTEK/BRIN KALBE SCIENCE AWARDS (RKSA) -  2021 hadir kembali, dengan mengusung tema Hilirisasi

Innovation Olympics: Tantangan Menjadi Perguruan Tinggi Inovatif Kelas Dunia

Innovation Olympics (IO) adalah program kompetisi manajemen inovasi terbesar, yang telah diikuti ole