• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

UP-SCALING: Untuk UMKM Jabar Naik Kelas



Salah satu tantangan pemerintah Provinsi Jawa Barat adalah pemanfaatan bonus demografi kita melalui pencetakan lebih banyak wirausaha baru untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, membuka lapangan kerja, dan berkontribusi pada peningkatan ekonomi Jawa Barat.  Program pencetakan wirausaha baru telah digencarkan dengan program Seratus Ribu Wirausaha Baru Jawa Barat, dengan tujuan untuk menciptakan wirausaha yang berdaya saing, dengan basis sinergitas para stakeholder ABCGM nya: Akademisi-Bisnis-Komunitas-Pemerintah-Media.

Pada tanggal 22 Januari 2019, Tim Sinergitas A-B-C-G-M untuk UMKM Jabar Naik Kelas, telah mengundang BIC untuk memberikan paparan tentang relevansi inovasi bisnis untuk mendukung UMKM Jabar melakukan upscaling pada bisnis mereka, alias berhasil “naik kelas”.

Pada paparan yang dihadiri oleh lebih dari 100 pelaku UMKM Jawa Barat, Direktur Eksekutif BIC Kristanto Santosa, mendorong para pelaku UMKM Jabar agar senantiasa berpikir “Blue Ocean”, dengan cara memikirkan ulang model bisnis mereka. Kristanto berargumen bahwa di era ekonomi global saat ini, pebisnis UMKM hanya mungkin naik kelas, kalau mereka berhasil “tampil beda” (differentiated) dibandingkan dengan pelaku UMKM lain.

Inovasi dalam produk yang ditawarkan, dalam cara berhubungan dengan konsumen, dalam cara memproduksi, dalam cara bermitra, dalam cara mengelola karyawan, bahkan inovasi dalam cara bertransaksi; membuka peluang bagi pelaku bisnis untuk “tampil beda”, menjadi lebih berdaya saing, atau bahkan membuat persaingan tidak lagi relevan; sehingga berpeluang untuk naik kelas dengan sukses.      

 (KS/26/12/18)


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

Raihlah 112 Peluang Menjadi "Bagian" dari Kebangkitan Teknologi dan Inovasi Nasional !

BIC kembali mengundang inovator Indonesia ikut pada pemilihan "112 Inovasi Indonesia-2020"

Webinar Jababeka PEC: Lompatan Inovasi Jauh Ke Depan

Pada tanggal 10 Juli 2020 yang lalu, BIC diundang sebagai narasumber Webinar dengan tema: "Mema

Entrepreneurship Mentoring bagi Finalis BID 4.0 GIZ

Setelah untuk tiga tahun berturut-turut BIC memperoleh kepercayaan dari GIZ (The Deutsche Gesellscha

GIMI Webinar: Global Value Chain in a Changing World

Pandemi Global Covid-19 yang telah berlangsung beberapa bulan terakhir; selain menimbulkan krisis ke

Membangun Ekosistem Inovasi: Soal Peran "Pemain Tengah"

Webinar Katadata, pada 22 Juni 2020, mengangkat tema "Diskusi Kebijakan Penanggulangan Covid-19