• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Sinergi A-B-G: Membangun Model Techno-Center di Indonesia



Setelah melalui serangkaian pertemuan akhir-pekan, pada 21 Mei 2019 dilaksanakan pertemuan pendahuluan antara manajemen Jababeka Group dengan tim penggagas pengembangan Jababeka Technology Center, yang diintermediasikan oleh BIC.  Gagasan ini merupakan jawaban bagi tantangan dan uluran tangan Bpk. SD Darmono, Chairman Jababeka Group, untuk membangun suatu Technology Center dalam kawasan Jababeka.  Kawasan Industri Jababeka, adalah sebuah kawasan industri terpadu, yang dikenal sebagai pelopor kawasan industri swasta di Indonesia, selain juga dikenal dengan berbagai prakarsa inovatif dalam mendukung pembangunan industri di Indonesia.

Tema yang disepakati dalam kerjasama membangun Jababeka Techno-Center secara makro adalah untuk mendukung industri di Indonesia masuk ke era Industri 4.0. Sedangkan fokus teknologi yang disepakati adalah pengembangan teknologi energi baru, energi terbarukan, dan konservasi energi (EBTKE); dengan “entry point” dalam membangun kompetensi nasional dalam pengembangan teknologi energi surya yang didukung dengan dukungan jaringan listrik cerdas (smart grid), yang nantinya dapat berkolaborasi/terintegrasi dengan pembangkitan dan jaringan kelistrikan nasional. 

Pertemuan awal ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) dari Manajemen Jababeka Group, Bekasi Power, dan President Executive Club, serta para pelaku teknologi dan bisnis energi surya dari Badan Pengkajian & Penerapan Teknologi (BPPT), Perkumpulan Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia (PJCI), Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), PT Xurya Daya Indonesia (XURYA), dan PT. Nusantara Compnet Integrator (COMPNET), serta Business Innovation Center (BIC). Disepakati dalam pertemuan, langkah-langkah konkrit akan segera dirancang untuk merealisasikan prakarsa Jababeka Techno-Center dalam waktu dekat.

(ks/220519)      


Komentar

Wimbo Hardjito Jun 28,2019

Iconplus dan PLN tdk diundang

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

SELAMAT IDUL FITRI 1445 -H

Hari ini kita telah sampai ke penghujung ramadan, dan hari kemenangan akan tiba esok, Semoga Allah

"116 IN0VASI INDONESIA-2024" DIMULAI !!

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah proyek strategis nasional yang akan diresmikan pada 17 Agustu

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn