• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Salam inovasi Citra Manus: “Learn from the Future”



14 Juni 2022 yang lalu merupakan  “milestone” baru dan kabar gembira bagi dunia inovasi Indonesia, karena seorang lagi seorang inovator akademisi Indonesia,  Prof. Drs. Gede Bayu Suparta, M.S., Ph.D, dikukuhkan menjadi guru besar di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, dengan pidato pengukuhan berjudul: “Ilmu Fisika Citra untuk Mendukung Pembangunan Berkualitas Manusia Indonesia dan Produk Nasional”.

Prof. Bayu Suparta adalah salah seorang dari tiga belas “Inovator Indonesia”, yang kisahnya pernah ditayangkan oleh BIC di Metro TV tahun 2013 yang lalu. Bli Bayu, demikian panggilan beliau di BIC, adalah sosok fisikawan yang menekuni teknologi radiografi digital.  Salah satu inovasi tepat-guna yang berpotensi “terobosan” dalam konteks Indonesia dari Bli Bayu, adalah inovasi teknologi radiografinya yang menggabungkan layar fluoresensi dengan kamera digital, yang diberi nama Radiografi Sinar-x Fluoresens Digital (RSFD). Performa teknologi RSFD ini teruji setara dengan teknologi Direct Digital Radiography (DDR) dengan Radiografi Flat Detector (RFD); namun RSFD jauh lebih sederhana, lebih praktis dan tentunya biaya diharapkan akan sangat kompetitif.

Yang mengesankan dari sosok Prof. Bayu Suparta, adalah konsistensinya senantiasa mencari inovasi terobosan berbasis fisika citra dan telemetri, khususnya bagi sektor kesehatan di Indonesia. Suatu hari kelak, kiprahnya diharapkan dapat memberi solusi bagi layanan diagnostik radiografi kesehatan di Indonesia; yang saat ini nyaris sepenuhnya tergantung pada teknologi impor yang mahal sehingga membebani pasien maupun bagi pemerintah yang menanggungnya melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Di sisi lain, mahalnya serta kerumitan teknologi impor ini juga mengakibatkan terbatasnya jangkauan layanan radiografi ke daerah-daerah di pelosok Indonesia yang jauh dari kota besar.     

Pada akhir uraian pidatonya, Prof. Bayu Suparta menekankan pentingnya belajar dari masa depan (learn from the future), yang diyakininya sebagai cara dan pola pikir wajib bagi setiap inovator Indonesia, guna memproyeksikan dan merekonstruksi kualitas teknologi, kualitas produk, kualitas manusia, serta kualitas lingkungan hidup masa depan yang hendak dicapai. 
Bagi yang berminat menyimak secara lengkap acara pengukuhan Prof. Bayu Suparta, silakan klik LINK rekamannya di youtube ini. 

Selamat buat Profesor Bli Bayu, ayo maju terus !


Salam inovasi dari BIC ! 



(ks/180622)
 


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn

Program Certified Innovation Professional (CIP) dan Certified Innovation Manager (CIM) – 2024

Workshop Online CIP / CIM untuk tahun 2024 akan segera digelar lagi, dan angkatan pertama akan dimul

SETELAH INOVASI KITA MEROKET DI GII

Di tengah-tengah merebaknya Pandemi Covid-19 lebih dari tiga tahun lalu, BIC memuat tulisan tentang