• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Peringatan Hakteknas Ke-16 Tahun 2011



Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) berawal saat bangsa Indonesia berhasil melaksanakan uji terbang pesawat Gatotkaca N-250 untuk pertama kalinya sebagai hasil buatan Industri Pesawat Terbang Indonesia pada tanggal 10 Agustus 1995. Keberhasilan tersebut merupakan bukti nyata prestasi putera

Sejak saat itu, HAKTEKNAS dirayakan setiap tahun di Indonesia. Kali ini, HAKTEKNAS akan memasuki perayaan yang ke-16 pada 10 Agustus mendatang. Tema yang diusung adalah "Inovasi Untuk Kesejahteraan Rakyat". Peringatan Hakteknas ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk meningkatkan kontribusi iptek bagi kesejahteraan rakyat, disamping untuk peningkatan produktivitas dan daya saing produk industri, membuka lapangan pekerjaan baru, meningkatkan profesionalisme individu, dan meningkatkan pendapatan individu dan masyarakat, yang pada akhirnya dapat memajukan perekonomian bangsa.

Momentum Hakteknas ke-16 ini juga diharapkan dapat menjadi wahana untuk membangun kebersamaan antar stakeholders untuk melaksanakan pembangunan Indonesia ke depan secara terintegrasi karena pada tanggal 27 Juni yang lalu Presiden RI telah meluncurkan Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI). Salah satu strategi untuk mewujudkan MP3EI tersebut adalah penguatan kemampuan SDM dan IPTEK nasional. Penguatan kemampuan SDM dan iptek nasional tersebut sejalan dengan program utama yang dilakukan oleh Kementerian Riset dan Teknologi, yaitu program penguatan Sistem Inovasi Nasional.

Penguatan kemampuan SDM dan IPTEK melalui penguatan Sistem Inovasi Nasional bagi MP3EI tersebut diarahkan untuk menciptakan keunggulan kompetitif Indonesia di kancah persaingan global ke depan. Untuk itulah, peringatan HAKTEKNAS ini ditujukan untuk menggunggah dan menghidupkan semangat juang dan bersaing kepada seluruh pemangku kepentingan bangsa, khususnya pemerintah, industri, lembaga litbang, perguruan tinggi dan masyarakat. Oleh karena itu, peringatan HAKTEKNAS diisi dengan kegiatan yang intinya berbagi informasi untuk meningkatkan sinergi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan peran nyata penerapan teknologi yang telah dikembangkan oleh anak bangsa dalam produksi barang dan jasa yang akan memberikan dampak nilai ekonomi untuk kesejahteraan rakyat. Untuk itulah, maka salah satu bentuk acara peringatan HAKTEKNAS akan dilaksanakan dalam kegiatan Seminar, Workshop, Talkshow dan Pameran.

Program acara Peringatan Hakteknas ke-16 meliputi Seminar, Workshop, Talkshow dan Pameran,  diadakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 10 - 12 Agustus 2011, di I-STP Puspiptek Serpong, Tangerang, Banten.  Adapun agenda acara dapat di unduh pada link berikut ini:


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

SELAMAT IDUL FITRI 1445 -H

Hari ini kita telah sampai ke penghujung ramadan, dan hari kemenangan akan tiba esok, Semoga Allah

"116 IN0VASI INDONESIA-2024" DIMULAI !!

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah proyek strategis nasional yang akan diresmikan pada 17 Agustu

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn