• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Peringatan Hakteknas Ke-16 Tahun 2011



Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) berawal saat bangsa Indonesia berhasil melaksanakan uji terbang pesawat Gatotkaca N-250 untuk pertama kalinya sebagai hasil buatan Industri Pesawat Terbang Indonesia pada tanggal 10 Agustus 1995. Keberhasilan tersebut merupakan bukti nyata prestasi putera

Sejak saat itu, HAKTEKNAS dirayakan setiap tahun di Indonesia. Kali ini, HAKTEKNAS akan memasuki perayaan yang ke-16 pada 10 Agustus mendatang. Tema yang diusung adalah "Inovasi Untuk Kesejahteraan Rakyat". Peringatan Hakteknas ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk meningkatkan kontribusi iptek bagi kesejahteraan rakyat, disamping untuk peningkatan produktivitas dan daya saing produk industri, membuka lapangan pekerjaan baru, meningkatkan profesionalisme individu, dan meningkatkan pendapatan individu dan masyarakat, yang pada akhirnya dapat memajukan perekonomian bangsa.

Momentum Hakteknas ke-16 ini juga diharapkan dapat menjadi wahana untuk membangun kebersamaan antar stakeholders untuk melaksanakan pembangunan Indonesia ke depan secara terintegrasi karena pada tanggal 27 Juni yang lalu Presiden RI telah meluncurkan Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI). Salah satu strategi untuk mewujudkan MP3EI tersebut adalah penguatan kemampuan SDM dan IPTEK nasional. Penguatan kemampuan SDM dan iptek nasional tersebut sejalan dengan program utama yang dilakukan oleh Kementerian Riset dan Teknologi, yaitu program penguatan Sistem Inovasi Nasional.

Penguatan kemampuan SDM dan IPTEK melalui penguatan Sistem Inovasi Nasional bagi MP3EI tersebut diarahkan untuk menciptakan keunggulan kompetitif Indonesia di kancah persaingan global ke depan. Untuk itulah, peringatan HAKTEKNAS ini ditujukan untuk menggunggah dan menghidupkan semangat juang dan bersaing kepada seluruh pemangku kepentingan bangsa, khususnya pemerintah, industri, lembaga litbang, perguruan tinggi dan masyarakat. Oleh karena itu, peringatan HAKTEKNAS diisi dengan kegiatan yang intinya berbagi informasi untuk meningkatkan sinergi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan peran nyata penerapan teknologi yang telah dikembangkan oleh anak bangsa dalam produksi barang dan jasa yang akan memberikan dampak nilai ekonomi untuk kesejahteraan rakyat. Untuk itulah, maka salah satu bentuk acara peringatan HAKTEKNAS akan dilaksanakan dalam kegiatan Seminar, Workshop, Talkshow dan Pameran.

Program acara Peringatan Hakteknas ke-16 meliputi Seminar, Workshop, Talkshow dan Pameran,  diadakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 10 - 12 Agustus 2011, di I-STP Puspiptek Serpong, Tangerang, Banten.  Adapun agenda acara dapat di unduh pada link berikut ini:


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

New Innovation Paradigm: Sky is No :Longer a Limit !

Pandemi Covid-19 sekalipun telah mengakibatkan krisis kemanusiaan secara global, ternyata juga telah

81 Challengers lolos ke Pemilihan "112 Inovasi Indonesia - 2020"

Sampai 14 September 2020, saat berita ini diturunkan,  jumlah proposal yang tercatat di databas

Salam Inovasi untuk IPB University !

IPB University (d/h Institut Pertanian Bogor) di tahun 2020 ini mengalami peningkatan prestasi yang

Terimakasih Inovator Indonesia !

Pandemi Covid-19 yang kian mengancam kesehatan semua orang serta menjerumuskan ekonomi global ke dal

Entrepreneurship Mentoring bagi Finalis BID 4.0 GIZ

Setelah untuk tiga tahun berturut-turut BIC memperoleh kepercayaan dari GIZ (The Deutsche Gesellscha