• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

PDDI LIPI Membangun Pohon Pengetahuan



Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah (PDDI) sebagai salah satu satuan kerja di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bertugas memberikan layanan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu layanan PDDI yang ingin dibangun, adalah menyediakan produk pengetahuan dalam bentuk pohon industri, berisi karya-karya ilmiah yang dikemas dalam format yang menarik, mudah dipahami dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas.   

Untuk itu, pada tanggal 24 Juli 2019 yang lalu PDDI berkunjung ke BIC untuk memperoleh masukan, khususnya layanan "pohon" pengetahuan bagi masyarakat di daerah. BIC dalam pertemuan tersebut menawarkan akses bagi PDDI untuk memanfaatkan database "100+ Inovasi Indonesia" yang saat ini telah menghimpun 1,155 karya ilmu pengetahuan / inovasi dari seluruh Indonesia. Sementara itu, untuk informasi potensi daerah BIC menyarankan untuk memanfaatkan kajian PERISKOP yang pernah dilakukan oleh Kementerian Ristek dengan dukungan Pemerintah Jerman (2002).

Sedangkan untuk menstrukturkan "pohon pengetahuan" BIC menyarankan opsi pohon berbasis sektor teknologi, atau sektor aplikasi teknologi sebagaimana dikembangkan oleh Innovation Relay Center (IRC), dan telah dipakai oleh BIC untuk membangun databasenya. Sebagai pilihan lain, BIC mengusulkan membangun "pohon pengetahuan" berbasis sumber daya alam utama Indonesia, yang dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, berpotensi memproduksi produk-produk industri yang berpotensi nilai tambah tinggi, misalnya kelapa sawit, karet, rumput laut, bahan-bahan mineral tambang, dan sebagainya, untuk melihat contoh penyajian sebuah pohon industri yang cukup menarik, silahkan Klik disini.  

Salam Inovasi!

(TFA/240719)


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

SELAMAT IDUL FITRI 1445 -H

Hari ini kita telah sampai ke penghujung ramadan, dan hari kemenangan akan tiba esok, Semoga Allah

"116 IN0VASI INDONESIA-2024" DIMULAI !!

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah proyek strategis nasional yang akan diresmikan pada 17 Agustu

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn