• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

PAWANG HUJAN BERTEKNOLOGI UNJUK GIGI



Berita yang menggembirakan bagi inovasi Indonesia, bahwa salah satu karya inovasi terpilih dari "109 Inovasi Indonesia 2017" telah beranjak ke penerapan di lapangan. Inovasi "Ground Particle Generator (GPG) untuk Mengurangi Bencana Banjir, Longsor dan Badai Tropis" yang dilabeli "Pawang Hujan Ilmiah" ini telah menandatangani kontrak dengan satu perusahaan tambang batubara di Kalimantan, selama setahun membantu perusahaan dalam mengurangi, mengalihkan dan meredistribusi hujan, di kawasan pertambangan mereka.

Teknologi modifikasi cuaca saat ini, memerlukan dukungan pesawat terbang untuk menebarkan tepung garam berton-ton, guna mempercepat atau mengalihkan turunnya hujan di tempat lain. Tentu saja ini memerlukan biaya milyaran rupiah dan mungkin hanya mampu dilakukan oleh pemerintah. Sedangkan di tataran masyarakat atau perusahaan, solusinya adalah minta bantuan pawang hujan, dengan kehandalan dan "kapasitas" yang rendah.   

Perekayasa BPPT Joko Gunawan yang memimpin proyek ini optimis bahwa proyeknya akan sukses dan membawa manfaat besar bagi perusahaan-perusahaan yang kegiatannya harus berhadapan dengan kendala hujan, misalnya pertambangan batubara.  Dengan antusias Joko Gunawan mengatakan bahwa target timnya adalah pada saatnya GPG akan bisa menundukkan bencana "Tornado" dan ini bukan sekadar wacana, karena sebuah perusahaan teknologi "aerospace" di USA telah menyatakan minat mereka untuk bekerjasama mengembangkan GPG, baik untuk keperluan komersial memperbaiki jarak pandang di bandara-bandara; ataupun untuk mengurangi intensitas bencana badai.

Selamat dan sukses untuk pawang hujan ilmiah dari Indonesia !

 

(KS/03/07/18)


Komentar

Eko PRAug 01,2018

Hilirisasi.. Hilirisasi...

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

SELAMAT IDUL FITRI 1445 -H

Hari ini kita telah sampai ke penghujung ramadan, dan hari kemenangan akan tiba esok, Semoga Allah

"116 IN0VASI INDONESIA-2024" DIMULAI !!

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah proyek strategis nasional yang akan diresmikan pada 17 Agustu

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn