• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

OBITUARI : Mengenang Dr. Ir. Aji Hermawan MM



Duka mendalam bagi BIC dan para Inovator Indonesia, sehubungan berpulangnya Dr. Ir. Aji Hermawan pada Rabu,25 Maret 2020 pukul 03.00 dini hari. Bersama para pimpinan IPB lainnya, Dr. Aji adalah sosok di "belakang layar" yang secara konsisten mendorong gerakan inovasi IPB, setidaknya sejak BIC mengenal almarhum, yaitu saat dimulainya pemilihan "100+ Inovasi Indonesia" pada tahun 2008, dan menjadikan IPB sebagai selalu yang terdepan, baik dalam jumlah pengajuan proposal, maupun dalam jumlah karya inovasi yang terpilih di "100+ Inovasi Indonesia". 

Dr. Aji yang lahir di Batang (Jawa Tengah) 23 September 1968, selain sebagai pengajar di Departemen Teknologi Industri Pertanian FATETA IPB, beliau tidak pernah lepas dari kegiatan-kegiatan terkait inovasi dan kewirausahaan; termasuk perannya di Direktorat Riset dan Inovasi IPB, lebih dari satu dekade sebagai Direktur Recognition and Mentoring Program - Bogor Agricultural University (RAMP-IPB) yang didukung oleh Lemelson Foundation (USA); dan sampai berpulangnya, Dr. Aji adalah Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB, selain juga pernah duduk sebagai anggota Dewan Yayasan Kopernik. Kopernik adalah Lembaga Swadaya Masyarakat yang berpusat di Ubud (Bali), yang berkiprah dalam upaya pengentasan kemiskinan melalui solusi inovasi teknologi, bagi masyarakat di kawasan-kawasan yang paling terpencil dan terbelakang. Rektor IPB Dr. ARif Satria dalam obituarinya di situs IPB, menyatakan bahwa IPB sangat kehilangan salah satu dari putra terbaiknya: "Kita doakan semoga karya-karya pak Aji menjadi amal soleh yang akan terus mengalirkan pahala, dan semoga beliau husnul khotimah dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah". Amin.

Untuk mengenang kiprah Dr. Aji dalam inovasi dan tanpa banyak publikasi, Anda dapat menonton sambutan almarhum beberapa tahun lalu, saat acara Forum Akselerasi Inovasi RAMP-IPB, di link: https://www.youtube.com/watch?v=nDTa-6eb5lA

(KS/27/03/20)
 


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

Raihlah 112 Peluang Menjadi "Bagian" dari Kebangkitan Teknologi dan Inovasi Nasional !

BIC kembali mengundang inovator Indonesia ikut pada pemilihan "112 Inovasi Indonesia-2020"

Webinar Jababeka PEC: Lompatan Inovasi Jauh Ke Depan

Pada tanggal 10 Juli 2020 yang lalu, BIC diundang sebagai narasumber Webinar dengan tema: "Mema

Entrepreneurship Mentoring bagi Finalis BID 4.0 GIZ

Setelah untuk tiga tahun berturut-turut BIC memperoleh kepercayaan dari GIZ (The Deutsche Gesellscha

GIMI Webinar: Global Value Chain in a Changing World

Pandemi Global Covid-19 yang telah berlangsung beberapa bulan terakhir; selain menimbulkan krisis ke

Membangun Ekosistem Inovasi: Soal Peran "Pemain Tengah"

Webinar Katadata, pada 22 Juni 2020, mengangkat tema "Diskusi Kebijakan Penanggulangan Covid-19