• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Making Indonesia’s Innovation Work @ Komunitas Teknik Industri



Menjelang Kabinet Kerja-II yang baru dimulai, prakarsa inovasi di Indonesia diharapkan akan memperoleh angin buritan yang kuat, karena visi yang disampaikan Presiden Jokowi yang menempatkan “Inovasi dan Perubahan Paradigma” sebagai baseline program kabinet untuk lima tahun ke depan. Sementara itu, kita juga baru menetapkan  UU tentang Sistem Nasional Iptek& Inovasi #11 tahun 2019, yang antara lain menetapkan akan segera dibentuknya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), yang konon akan dipimpin langsung oleh Presiden, untuk mengaitkan prakarsa inovasi dengan program-program pembangunan nasional.

Sementara itu di tahun 2019 ini juga pemerintah menggagas diberikannya insentif “super-tax deductions” bagi pelaku bisnis dan industri yang melakukan kegiatan Litbang dan Inovasi, yang bisa dikaitkan untuk memanfaatkan sumberdaya LitBang dan Universitas Riset yang didanai pemerintah, dan saat ini diperkirakan merepresentasikan sekitar 85% dari seluruh kegiatan Litbang dan Inovasi di Indonesia.

Sebagai lembaga yang telah berkecimpung dalam upaya pembangunan dan promosi di Indonesia selama lebih dari satu dekade, BIC melihat hal ini sebagai peluang bagi Indonesia untuk membangun paradigma baru berinovasi yang lebih efektif dibandingkan masa lalu.

Salah satu paparan dan diskusi yang dilakukan BIC adalah atas undangan Komunitas Teknik Industri, Badan Kejuruan Teknik Industri-Persatuan Insinyur Indonesia (BKTI-PII), yang dilaksanakan pada 9 Desember 2019 yang lalu di Resto Batik Kuring SCBD Sudirman Jakarta. Acara yang diikuti lebih dari 60 peserta tersebut, berasal dari Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya, dan mewakili anggota BKTI PII dari berbagai sektor kegiatan, akademisi, pelaku bisnis, asosiasi profesi, pengamat inovasi dan politisi.

Pada pengantarnya, Ketua BKTI PII, Ir. I Made Dana Tangkas, M.Si.,IPU., ASEAN Eng, menyatakan urgensinya bagi para profesional Teknik Industri di Indonesia untuk berperan aktif dalam mendorong inovasi di Indonesia, karena profesi Teknik Industri dibekali dengan kompetensi untuk improvement dan innovation, berpikir lintas sektor dan berpikir sistem. 

 

(KS/111219)


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

SELAMAT IDUL FITRI 1445 -H

Hari ini kita telah sampai ke penghujung ramadan, dan hari kemenangan akan tiba esok, Semoga Allah

"116 IN0VASI INDONESIA-2024" DIMULAI !!

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah proyek strategis nasional yang akan diresmikan pada 17 Agustu

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn