• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

MIT's "Energy Innovation" Series: 2 & 3



Pada tanggal 6 Mei 2020 yang lalu, MIT-Industrial Liaison Program (ILP) and MIT-Energy Initiative (MITei) telah memulai rangkaian Webinar dengan tentang "Energy Innovation" . Pada serial pertamanya, Webinar menampilkan empat pakar dunia tentang bagaimana ke depan dunia akan bertransisi menuju era energi dengan karbon rendah dan terbarukan. Namun, datangnya Pendemic Covid-19 telah  memicu serangkaian krisis di sektor energi yang sangat serius, termasuk merosotnya kebutuhan energi global secara mendadak, yang memperuncing pertikaian di antara pemain di sektor migas, bahkan menyebabkan jatuhnya harga minyak bumi sampai pada harga "minus". Sesuatu yang tak terbayangkan sebelumnya. Sebagai konsekwensi, skenario transisi dunia menuju energi karbon rendah dan energi terbarukan menjadi tidak jelas. Sebagai warga dunia, kita akan menghadapi tantangan-tantangan baru, namun juga dengan harapan, bahwa di era New Normal ke depan transisi energi akan terakselerasi. Kuncinya adalah terbangunnya kolaborasi global dalam pengembangan teknologi dan inovasi. Dalam hal ini, MIT yang dikenal sebagai pelopor dalam inovasi energi global ingin unjuk gigi dan menawarkan kolaborasi.  

Pada webinar  serial # 2 (13 Mei 2020) yang telah berlangsung semalam, MIT memamerkan berbagai kemajuan dalam riset dan inovasi energi masa depan, termasuk riset energi fusi nuklir yang ditargetkan merrevolusikan energi global dalam 15 tahun mendatang. Juga ditampilkan berbagai kemajuan teknologi untuk menghasilkan bahan baku energi dengan konsumsi energi yang sangat rendah, serta berbagai inovasi yang dapat dibilang revolusioner dalam menangkap emisi karbon dari pembangkitan energi yang menjadi ancaman pada perubahan iklim global.  Pada webinar serial # 3 (21 Mei 2020) mendatang, akan ditampilkan para pakar teknologi / peneliti energi tentang "energy storage", yang sampai hari ini merupakan "constraints"  utama dalam memanfaatkan sumber-sumber energi alami, khususnya energi surya, energi bayu dan energi arus laut, yang berpotensi sangat besar, sepenuhnya terbarukan, namun digerakkan oleh alam yang tidak dapat diatur oleh manusia. Silakan daftarkan diri Anda dengan mengclick link di vawah ini: 


“Energy Storage Technologies”- Kamis, 21 Mei 2020, 21:00 WIB
Registrasi: https://mit.zoom.us/webinar/register/WN_ma-oVt9CSCm4kcPqUUrpUg

Dr. CJ Guo, Direktur Eksekutif MIT-ILP, yang pada akhir tahun 2019 lalu berkunjung ke Indonesia, meminta bantuan BIC mengajak para tokoh bisnis dan pembuat kebijakan energi di Indonesia hadir dalam rangkaian Energy Innovation Webinars ini sebagai "special guest" beliau. Diharapkan melalui kehadiran pada webinar ini, MIT dapat berkenalan dengan para tokoh sektor energi di Indonesia; dan selanjutnya bisa saling menjajagi kerjasama dalam pengembangan teknologi dan inovasi energi di Indonesia.  Jika Anda mengalami kendala saat mendaftarkan diri di seminar, silakan hubungi BIC di:

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

SELAMAT IDUL FITRI 1445 -H

Hari ini kita telah sampai ke penghujung ramadan, dan hari kemenangan akan tiba esok, Semoga Allah

"116 IN0VASI INDONESIA-2024" DIMULAI !!

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah proyek strategis nasional yang akan diresmikan pada 17 Agustu

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn