• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

MIT's "Energy Innovation" Series: 2 & 3



Pada tanggal 6 Mei 2020 yang lalu, MIT-Industrial Liaison Program (ILP) and MIT-Energy Initiative (MITei) telah memulai rangkaian Webinar dengan tentang "Energy Innovation" . Pada serial pertamanya, Webinar menampilkan empat pakar dunia tentang bagaimana ke depan dunia akan bertransisi menuju era energi dengan karbon rendah dan terbarukan. Namun, datangnya Pendemic Covid-19 telah  memicu serangkaian krisis di sektor energi yang sangat serius, termasuk merosotnya kebutuhan energi global secara mendadak, yang memperuncing pertikaian di antara pemain di sektor migas, bahkan menyebabkan jatuhnya harga minyak bumi sampai pada harga "minus". Sesuatu yang tak terbayangkan sebelumnya. Sebagai konsekwensi, skenario transisi dunia menuju energi karbon rendah dan energi terbarukan menjadi tidak jelas. Sebagai warga dunia, kita akan menghadapi tantangan-tantangan baru, namun juga dengan harapan, bahwa di era New Normal ke depan transisi energi akan terakselerasi. Kuncinya adalah terbangunnya kolaborasi global dalam pengembangan teknologi dan inovasi. Dalam hal ini, MIT yang dikenal sebagai pelopor dalam inovasi energi global ingin unjuk gigi dan menawarkan kolaborasi.  

Pada webinar  serial # 2 (13 Mei 2020) yang telah berlangsung semalam, MIT memamerkan berbagai kemajuan dalam riset dan inovasi energi masa depan, termasuk riset energi fusi nuklir yang ditargetkan merrevolusikan energi global dalam 15 tahun mendatang. Juga ditampilkan berbagai kemajuan teknologi untuk menghasilkan bahan baku energi dengan konsumsi energi yang sangat rendah, serta berbagai inovasi yang dapat dibilang revolusioner dalam menangkap emisi karbon dari pembangkitan energi yang menjadi ancaman pada perubahan iklim global.  Pada webinar serial # 3 (21 Mei 2020) mendatang, akan ditampilkan para pakar teknologi / peneliti energi tentang "energy storage", yang sampai hari ini merupakan "constraints"  utama dalam memanfaatkan sumber-sumber energi alami, khususnya energi surya, energi bayu dan energi arus laut, yang berpotensi sangat besar, sepenuhnya terbarukan, namun digerakkan oleh alam yang tidak dapat diatur oleh manusia. Silakan daftarkan diri Anda dengan mengclick link di vawah ini: 


“Energy Storage Technologies”- Kamis, 21 Mei 2020, 21:00 WIB
Registrasi: https://mit.zoom.us/webinar/register/WN_ma-oVt9CSCm4kcPqUUrpUg

Dr. CJ Guo, Direktur Eksekutif MIT-ILP, yang pada akhir tahun 2019 lalu berkunjung ke Indonesia, meminta bantuan BIC mengajak para tokoh bisnis dan pembuat kebijakan energi di Indonesia hadir dalam rangkaian Energy Innovation Webinars ini sebagai "special guest" beliau. Diharapkan melalui kehadiran pada webinar ini, MIT dapat berkenalan dengan para tokoh sektor energi di Indonesia; dan selanjutnya bisa saling menjajagi kerjasama dalam pengembangan teknologi dan inovasi energi di Indonesia.  Jika Anda mengalami kendala saat mendaftarkan diri di seminar, silakan hubungi BIC di: info@bic.web.id 

(ks/070520)




 


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

New Innovation Paradigm: Sky is No :Longer a Limit !

Pandemi Covid-19 sekalipun telah mengakibatkan krisis kemanusiaan secara global, ternyata juga telah

81 Challengers lolos ke Pemilihan "112 Inovasi Indonesia - 2020"

Sampai 14 September 2020, saat berita ini diturunkan,  jumlah proposal yang tercatat di databas

Salam Inovasi untuk IPB University !

IPB University (d/h Institut Pertanian Bogor) di tahun 2020 ini mengalami peningkatan prestasi yang

Terimakasih Inovator Indonesia !

Pandemi Covid-19 yang kian mengancam kesehatan semua orang serta menjerumuskan ekonomi global ke dal

Entrepreneurship Mentoring bagi Finalis BID 4.0 GIZ

Setelah untuk tiga tahun berturut-turut BIC memperoleh kepercayaan dari GIZ (The Deutsche Gesellscha