• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

ISIP – “Technology Transfer Policy and Strategy” Workshop



Sebagai bagian kerjasama bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Swiss, pada tanggal 1 - 3 Maret 2016 diselenggarakan Workshop tentang strategi dan kebijakan alih teknologi. Workshop selama tiga hari ini dipandu oleh Dr. Matthias Holling dari Technopark, Zurich, dan bertindak sebagai co-facilitator adalah Kristanto Santosa,  Direktur Eksekutif Business Innovation Center (BIC).   

Wokshop yang diselenggarakan di auditorium Direktorat Jenderal Hak dan Kekayaan Intelektual ini dibuka oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Prof.Dr. Ahmad M. Ramli, dan juga menghadirkan narasumber dari Kementerian Ristek Dikti, Dr. Sajuga, Ir. Wisnu Sardjono Soenarso, M.Eng., dan Dr. Lukito H. Pratopo. Selain itu workshop juga menghadirkan tokoh / praktisi alih teknologi Indonesia: Prof. Dr. I Gede Wenten dari ITB, dan Dr. Nurul Taufiqu Rochman dari Pusat Inovasi LIPI. 

Workshop ini diharapkan dapat menjadi masukan yang "tepat waktu" bagi pemerintah Indonesia, yang telah mencanangkan untuk membangun 100 Technopark sampai tahun 2019, yang dalam kegiatannya memerlukan kompetensi dalam mengembangkan kebijakan dan strategi alih teknologi. Workshop diikuti hampir 40 peserta, yang datang dari berbagai Universitas Riset Pemerintah maupun Swasta, Lembaga LitBang Kementerian, LitBang RistekDikti, LitBang Daerah, pejabat di DitJen HKI, serta  beberapa konsultan Paten dan Oktrooi swasta.

Workshop diakhiri dengan presentasi dari setiap kelompok diskusi, mengenai apa yang telah dipelajari selama workshop tersebut, dan rencana serta strategi penerapannya di lingkungan kerja mereka masing-masing.

(AMP-MDU-KS)


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn

Program Certified Innovation Professional (CIP) dan Certified Innovation Manager (CIM) – 2024

Workshop Online CIP / CIM untuk tahun 2024 akan segera digelar lagi, dan angkatan pertama akan dimul

SETELAH INOVASI KITA MEROKET DI GII

Di tengah-tengah merebaknya Pandemi Covid-19 lebih dari tiga tahun lalu, BIC memuat tulisan tentang