• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

GIMI Webinar: Global Value Chain in a Changing World



Pandemi Global Covid-19 yang telah berlangsung beberapa bulan terakhir; selain menimbulkan krisis kesehatan di seluruh dunia, kini telah terasa dampaknya pada perekonomian global. Berbagai kalangan menilai, bahwa krisis akibat Covid-19 ini adalah krisis global terburuk setelah jaman "malaise" seabad lalu antara tahun 1929 sampai 1938. Krisis yang semula menyangkut kesehatan, lalu diikuti dengan berbagai pembatasan berinteraksi untuk mencegah meluasnya pandemi; dan sekarang telah bedampak pada "kesehatan" ekonomi dan sosial secara global, akibat stagnasi dalam berbagai transaksi dalam rantai pasok di seluruh dunia (Global Value Chains / GVC), baik stagnasi dari sumber pasokan (supply) maupun stagnasi dari sisi konsumsi (demand) yang terjadi secara simultan.  

Global Innovation Management Institute (GIMI) menyikapi situasi krisis ini dengan menyelenggarakan serial ke dua Webinar Global dengan topik: "Global Value Chain in a Changing World". Webinar ini diharapkan akan menjadi wahana berbagi dan dialog di antara para pembuat kebijakan pemerintah, dalam menghadapi krisis ini dengan mengembangkan berbagai inovasi, khususnya inovasi dalam strategi dan kebijakan pemerintah; baik kebijakan dalam negeri, maupun kebijakan kolaborasi antar-negara. Diharapkan melalui webinar ini setiap negara dapat secepatnya memulihkan kembali kesehatan ekonomi dan sosial negaranya, melalui pemulihan rantai pasok global (GVC). Indonesia sekalipun memiliki ekonomi domestik yang cukup besar, tak pelak juga telah terimbas oleh krisis akibat pandemi Covid-19 ini; terutama di sektor ekspor, dan lebih khusus lagi dalam ekspor produk-produk berbasis sumber daya alam ( pertanian, perikanan dan perkebunan) yang umumnya memiliki multiplier ekonomi di sektor hulu yang sangat besar, dan pasokannya sulit untuk dihentikan. Bagi Indonesia, ini merupakan tantangan dan keprihatinan yang sangat serius,

Webinar Global akan diselenggarakan pada hari Kamis, 25 Juni 2020, pukul 10:00 EST ( pukul 21:00 WIB ) ini akan menghadirkan berbagai narasumber: (1) Antonio Malouf, Menteri Perekonomian Guatemala; (2) Sean Jones, Mission Director USAID di Afrika; dan (3) Julio Fuster Bragado, Senior Advisor GIMI, yang adalah konsultan "veteran" yang berpengalaman puluhan tahun membantu berbagai lembaga dunia seperti Bank Dunia, UNIDO, dan IDB dalam bidang inovasi dan ekonomi pembangunan. Webinar ini akan dimoderatori oleh Luis F. Lugo, Partner Senior IXL Center.  

Bagi yang berminat untuk ikut pada Webinar ini, silakan mendaftarkan diri di link: https://lnkd.in/dhRe8ZH

Salam inovasi ! 

(KS/240620)


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

Raihlah 112 Peluang Menjadi "Bagian" dari Kebangkitan Teknologi dan Inovasi Nasional !

BIC kembali mengundang inovator Indonesia ikut pada pemilihan "112 Inovasi Indonesia-2020"

Webinar Jababeka PEC: Lompatan Inovasi Jauh Ke Depan

Pada tanggal 10 Juli 2020 yang lalu, BIC diundang sebagai narasumber Webinar dengan tema: "Mema

Entrepreneurship Mentoring bagi Finalis BID 4.0 GIZ

Setelah untuk tiga tahun berturut-turut BIC memperoleh kepercayaan dari GIZ (The Deutsche Gesellscha

GIMI Webinar: Global Value Chain in a Changing World

Pandemi Global Covid-19 yang telah berlangsung beberapa bulan terakhir; selain menimbulkan krisis ke

Membangun Ekosistem Inovasi: Soal Peran "Pemain Tengah"

Webinar Katadata, pada 22 Juni 2020, mengangkat tema "Diskusi Kebijakan Penanggulangan Covid-19