• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

GIMI Webinar: Global Value Chain in a Changing World



Pandemi Global Covid-19 yang telah berlangsung beberapa bulan terakhir; selain menimbulkan krisis kesehatan di seluruh dunia, kini telah terasa dampaknya pada perekonomian global. Berbagai kalangan menilai, bahwa krisis akibat Covid-19 ini adalah krisis global terburuk setelah jaman "malaise" seabad lalu antara tahun 1929 sampai 1938. Krisis yang semula menyangkut kesehatan, lalu diikuti dengan berbagai pembatasan berinteraksi untuk mencegah meluasnya pandemi; dan sekarang telah bedampak pada "kesehatan" ekonomi dan sosial secara global, akibat stagnasi dalam berbagai transaksi dalam rantai pasok di seluruh dunia (Global Value Chains / GVC), baik stagnasi dari sumber pasokan (supply) maupun stagnasi dari sisi konsumsi (demand) yang terjadi secara simultan.  

Global Innovation Management Institute (GIMI) menyikapi situasi krisis ini dengan menyelenggarakan serial ke dua Webinar Global dengan topik: "Global Value Chain in a Changing World". Webinar ini diharapkan akan menjadi wahana berbagi dan dialog di antara para pembuat kebijakan pemerintah, dalam menghadapi krisis ini dengan mengembangkan berbagai inovasi, khususnya inovasi dalam strategi dan kebijakan pemerintah; baik kebijakan dalam negeri, maupun kebijakan kolaborasi antar-negara. Diharapkan melalui webinar ini setiap negara dapat secepatnya memulihkan kembali kesehatan ekonomi dan sosial negaranya, melalui pemulihan rantai pasok global (GVC). Indonesia sekalipun memiliki ekonomi domestik yang cukup besar, tak pelak juga telah terimbas oleh krisis akibat pandemi Covid-19 ini; terutama di sektor ekspor, dan lebih khusus lagi dalam ekspor produk-produk berbasis sumber daya alam ( pertanian, perikanan dan perkebunan) yang umumnya memiliki multiplier ekonomi di sektor hulu yang sangat besar, dan pasokannya sulit untuk dihentikan. Bagi Indonesia, ini merupakan tantangan dan keprihatinan yang sangat serius,

Webinar Global akan diselenggarakan pada hari Kamis, 25 Juni 2020, pukul 10:00 EST ( pukul 21:00 WIB ) ini akan menghadirkan berbagai narasumber: (1) Antonio Malouf, Menteri Perekonomian Guatemala; (2) Sean Jones, Mission Director USAID di Afrika; dan (3) Julio Fuster Bragado, Senior Advisor GIMI, yang adalah konsultan "veteran" yang berpengalaman puluhan tahun membantu berbagai lembaga dunia seperti Bank Dunia, UNIDO, dan IDB dalam bidang inovasi dan ekonomi pembangunan. Webinar ini akan dimoderatori oleh Luis F. Lugo, Partner Senior IXL Center.  

Bagi yang berminat untuk ikut pada Webinar ini, silakan mendaftarkan diri di link: https://lnkd.in/dhRe8ZH

Salam inovasi ! 

(KS/240620)


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn

Program Certified Innovation Professional (CIP) dan Certified Innovation Manager (CIM) – 2024

Workshop Online CIP / CIM untuk tahun 2024 akan segera digelar lagi, dan angkatan pertama akan dimul

SETELAH INOVASI KITA MEROKET DI GII

Di tengah-tengah merebaknya Pandemi Covid-19 lebih dari tiga tahun lalu, BIC memuat tulisan tentang