• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Entrepreneurship Mentoring bagi Finalis BID 4.0 GIZ



Setelah untuk tiga tahun berturut-turut BIC memperoleh kepercayaan dari GIZ (The Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit) untuk menjadi fasilitator / trainer pada program Entrepreneurship Bootcamp, untuk membekali para start-ups entrepreneurs lulusan Jerman; BIC kini memperoleh kepercayaan untuk bertindak sebagai mentor bagi lima orang finalis Entrepreneurship Bootcamp yang terakhir dilaksanakan (BID 4.0). Program mentoring selama tiga bulan ini bertujuan untuk lebih lanjut melengkapi ke lima finalis terpilih, agar mereka lebih siap dan lebih yakin dalam mengembangkan bisnis start-up mereka di dunia nyata. 

Yang cukup menantang adalah bahwa program mentoring intensif ini dilakukan dalam situasi pandemi Covid-19. Akibatnya  proses mentoring terpaksa dilakukan secara jarak jauh, dengan mengandalkan perangkat online meeting / conferencing,  setidaknya pada tahap awal dimulainya mentoring.  Selain dua peserta yang berdomisili di pulau Jawa, ke tiga peserta mentoring (mentee) berdomisili di ujung-ujung Nusantara, seorang di Aceh, sedang seorang lagi di Ambon, dan bahkan seorang mentee lagi berdomisili di Jerman. Untungnya, situasi  ini, barangkali secara kebetulan, telah diantisipasikan oleh GIZ, dengan memperbolehkan mentoring sampai 60% waktu dilakukan secara online; sekalipun barangkali pada awalnya untuk mengantisipasikan tersebarnya domisili para peserta program mentoring. Yang lebih menarik lagi adalah setiap mentee membawa ide-ide bisnis yang inovatif, bahkan beberapa tergolong "pioneering"; misalnya bisnis layanan veteriner online, pengerah jasa tenaga kerja Indonesia dengan keterampilan khusus ke luar negeri, serta bisnis pangan fungsional berbasis kuliner asing dengan bahan dasar lokal.       

Selain membekali para mentee dengan jejaring, kompetensi serta wawasan bisnis dan manajemen, program mentoring juga diharapkan dapat membangun sikap mental, semangat dan etika para mentee sebagai entrepreneur pemula.   

(KS/09/07/20) 


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

Satu Bangsa - Satu Bahasa - Inovasi Indonesia

Setelah berpartisipasi dalam Program Certified Innovation Professional (CIP) yang diselenggarakan ol

THE CHALLENGERS “113 INOVASI INDONESIA-2021” UPDATES !

Evolusi proses pemilihan tahunan “100+ Inovasi Indonesia” dari ajang kompetisi, promosi

Program Certified Innovation Professional (CIP) – Angkatan II

Setelah sukses dalam melaksanakan lokakarya online perdana, yang diikuti sekitar 20 peserta dari lim

Undangan dan Tantangan Inovasi Sosial dari Octava

Sekitar 25,7 % atau 650 juta orang di Asia Tenggara berada dalam usia sekolah. Namun akses ke pendid

Certified Innovation Professionals untuk Inovasi Indonesia

Setelah melalui Lokakarya online (e-Workshop) berturut-turut selama 7 @ 3 jam workshop selama 4 ming