• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

ENTREPRENEURSHIP BOOTCAMP BID 6.0



BIC kembali dipilih untuk ke empat kalinya menjadi pelaksana program Bootcamp Entrepreneurship yang adalah bagian dari Program CIM (Centrum für internationale Migration und Entwicklung) dengan didukung oleh Kementerian Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Jerman (BMZ) dan telah berlangsung sejak tahun 2012.  Program intensif selama lima hari ini dilaksanakan di Bandung, dan dikuti oleh 27 peserta  alumni Jerman yang berminat meniti karier mereka sebagai entrepreneur sekembali mereka dari belajar di Jerman.  Program Bootcamp ini dikembangkan berdasarkan metodologi Business Model Canvas (BMC), yang terdiri dari berbagai elemen kunci dalam memulai bisnis, dan diakhiri dengan “pitch presentations” oleh setiap peserta secara individual, dilanjutkan dengan pemberian komentar, feedbacks dan pertanyaan dari seluruh peserta.

Bootcamp selama lima hari dilayani oleh fasilitator BIC, Kristanto Santosa dan Yudhi Hermanu.  Di sepanjang perjalanan Bootcamp juga diisi dengan diskusi, tanya jawab, serta sharing mengenai business practices baik berdasarkan pengalaman nyata di lapangan, maupun berdasarkan kisah dan literatur tentang keberhasilan maupun kegagalan dari para tokoh wirausahawan di seluruh dunia.  BID 6.0 kali ini menjadi lebih istimewa, karena di tengah suasana pandemi yang masih berlangsung, BIC berhasil mengundang lima narasumber “bintang tamu” senior dan  wirausahawan milenial; untuk berbagi wisdom dan pengalaman bagi para peserta.   

Narasumber kunci pertama adalah Dr. Dina Dellyana, pengajar inovasi dan Direktur Inkubator Bisnis dari SBM-ITB, sekaligus kepala pengembangan entrepreneurship di LPIK-ITB; yang berbagi tentang inovasi model bisnis, yang merupakan fokus risetnya. Di tengah kesibukannya yang luar biasa, Dr. Dina yang sedang bertugas di Dubai, tampil di BID 6.0 secara online.  Selanjutnya Bootcamp BID 6.0 juga menampilkan para entrepreneur; mulai dari Widya Esti Riany, yang adalah alumni Jerman dan peserta program BID 4.0 dua tahun sebelumnya. Widya berbagi pengalaman pribadinya tentang bagaimana menjadi seorang wirausahawati  melalui  produk pastanya yang bebas dari kandungan gluten. 


Narasumber istimewa lainnya adalah Tiarma Sirait, sosok seniman kontemporer dalam seni lukis, mode, instalasi, yang berbagi pengalaman perjalanan meniti kariernya dengan senantiasa melakukan provokasi untuk menggugah pikiran audiens. Tiarma mempertanyakan semua kearifan konvensional, baik dari dunia Timur maupun Barat; yang ternyata kini semakin memperoleh apresiasi dari seluruh dunia. Tiarma  menawarkan contoh, bagaimana dengan tampil berbeda secara ekstrim, adalah posisi yang "mungkin" dilakukan seorang entrepreneur.  Narasumber milenial berikutnya adalah Adrian Hermanu yang dalam menjalankan LSM sosialnya yang nirlaba menyisipkan usaha komersial; yang selain menjadi sumber pendanaan dan pengembangan LSMnya, juga menjadi peluang meningkatkan taraf kehidupan masyarakat melalui kewirausahaan.

Pada hari terakhir Bootcamp, peserta BID 6.0. memperoleh berkah sharing dari seorang Suryatin Setiawan,  tokoh teknologi informasi yang telah malang melintang sebagai salah satu pimpinan PT Telkom, dan kemudian di masa pensiunnya beralih menjadi seorang konsultan, mentor dan sponsor dalam dunia entrepreneurship. Pak Suryatin dalam paparannya berbagi “ringkasan” pemikiran, prinsip-prinsip serta  “wisdom” sebagai seorang mentor dalam kewirausahaan.

KS(14/12/21)  

 


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

UPDATE PEMILIHAN "114 INOVASI INDONESIA- 2022"

Sampai pada akhir bulan Agustus 2022 yang baru lalu, pemilihan "114 Inovasi Indonesia-2022

Program Certified Innovation Professional (CIP) – 2022

Workshop Online CIP Master Class akan dimulai lagi untuk batch ke IV - 2022 pada 20 September 2022,

Salam inovasi Citra Manus: “Learn from the Future”

14 Juni 2022 yang lalu merupakan  “milestone” baru dan kabar gembira bagi dunia ino

THE WINDOWS OF OPPORTUNITY "114 IN0VASI INDONESIA-2022"

Kalau di tahun 2021 lalu, "mood" yang berlaku adalah berharap agar pandemi segera usa

MAKE INNOVATION REAL @ INNOVA FLANDERS - 2022

Dunia masa kini terus-menerus menghadapi perubahan yang sangat dinamis, bahkan disruptive; misalnya