• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

DR. FLORIN PAUN @ GERAKAN SEJUTA PANEL SURYA INDONESIA



Menjelang akhir kunjungan roadshow nya di Indonesia pada awal bulan Desember ini, Dr. Florin Paun mendapatkan undangan dadakan dari para tokoh penggerak energi surya Indonesia, yang tergabung dalam WA GroupGerakan Sejuta Atap Surya”. Asal muasal undangan adalah saat penulis melemparkan wacana di WA Group dengan menyitir pendapat Dr. Florin Paun, bahwa prakarsa mobil listrik nasional kita, jika sumber dayanya berasal dari PLN bisa berubah menjadi “mobil batubara nasional”, karena sebagian besar pembangkitan listrik PLN berasal dari PLTU Batubara.

Akibatnya, efisiensi energi yang diharapkan meningkat melalui penggunaan mobil listrik, jika dilihat secara “end-to-end” justru akan melorot, karena efisiensi energi batubara jauh lebih rendah dibandingkan dengan konversi energi pada mobil motor bakar. Demikian juga dalam soal pencemaran lingkungan; sekalipun dalam kasus di atas kita “berhasil” mengalihkan polusi dari mobil di kota-kota besar menjadi polusi di luar kota, ini tetap memperburuk rapor negara kita dalam soal pencemaran udara global.

Dr. Florin Paun yang mengaku tidak bisa tidur setelah mendiskusikan permasalahan energi dan mobil listrik Indonesia (mungkin akibat jetlag juga setelah terbang puluhan jam dari Perancis), muncul dengan berbagai gagasan inovatif. Pada dasarnya, Dr. Paun berargumen, bahwa kedua masalah tersebut, justru bisa dipecahkan dengan “sekali pukul”, yaitu dengan membangun model pembangkitan listrik tenaga surya (PLTS) terdesentralisasi yang berbasis rumah dan komunitas.  Lebih lanjut, prakarsa PLTS berbasis komunitas bisa dikembangkan untuk memproduksi BBG (methane) dari tangkapan polusi COdireaksikan dengan H2 dari distilasi air laut, dan keseluruhannya dapat memanfaatkan tenaga listrik PLTS. Dr. Paun membuktikan dengan angka-angka “luar kepala”, bahwa prakarsa ini berpotensi sekaligus mencapai dua sasaran SDG sekaligus: energi bersih dan sekaligus berkesinambungan karena terbarukan.

Tentang permasalahan PLTS yang dialami Indonesia yaitu grid listrik nasional yang belum “smart” dan  harga “energy storage” yang sangat mahal, Dr. Paun datang dengan berbagai gagasan teknologi alternatif, termasuk pemakaian kembali battery storage mobil listrik sebagai stationary storage di rumah-rumah yang pastinya sangat murah, atau dengan mengembangkan super-capacitor, atau kinetic storage, yang mestinya mampu dilakukan sendiri oleh para insinyur Indonesia.

Pada akhir diskusi disepakati untuk menjajagi kerjasama dengan Dr. Florin Paun atau pemerintah Perancis, dalam membangun model PLTS di Indonesia; sebagai landasan mencapai target bauran energi terbarukan nasional sebesar 23% pada tahun 2025. Hal ini sekaligus dapat dijadikan sebagai platform pengembangan pasokan energi untuk mendukung program mobil listrik nasional yang  bukan “mobil batubara”.

(KS/26/12/18)

 


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

SELAMAT IDUL FITRI 1445 -H

Hari ini kita telah sampai ke penghujung ramadan, dan hari kemenangan akan tiba esok, Semoga Allah

"116 IN0VASI INDONESIA-2024" DIMULAI !!

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah proyek strategis nasional yang akan diresmikan pada 17 Agustu

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn