• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

AGILIZING INNOVATION: ROADSHOW BERSAMA DR FLORIN PAUN



Sekalipun seminar / workshop “Accelerating Indonesia’s Innovation” ditangguhkan, Dr. Florin Paun berkenan tetap datang ke Indonesia, dan menawarkan diri berkeliling memberikan paparan tentang “Agilizing Innovation”.  Dikatakannya bahwa, menjadi agile dalam kehidupan, termasuk dalam berinovasi, adalah suatu keharusan untuk dapat bertahan di era global yang berubah dengan dinamis, disruptif, dan sangat cepat.

Pada paparan-paparan yang disampaikannya, Dr. Florin Paun memberikan penjelasan secara gamblang; mengapa pengelolaan inovasi yang hanya mengandalkan tingkat kesiapan teknologi (Technology Readiness Level / TRL) akan membawa proses inovasi memasuki lembah kematian (Valley of Death), dan akibatnya sebagian besar gagasan inovasi yang hebat harus mengalami kegagalan, karena tidak berhasil keluar dari lembah kematian tersebut.  Dr. Paun mengutip definisi inovasi Prof. E. Von Hippel (Harvard/ MIT) bahwa inovasi harus memenuhi empat kata: Successful Exploitation of a New Idea”. Jadi suatu gagasan inovasi yang sekalipun hebat, kalau terbenam di “lembah kematian” tidak dapat memenuhi kriteria “Successful Exploitation”.

Untuk Itu, Dr. Paun, berdasarkan pengalaman suksesnya sebagai Direktur Inovasi Badan Ruang Angkasa Perancis ONERA, mengusulkan agar kriteria hilirisasi inovasi dari ranah litbang menuju komersialisasi / aplikasi, tidak hanya didasarkan pada progress menggunakan skala TRL, tapi harus didasarkan pada kriteria “hibrida” TRL dan DRL yang dikembangkan dan dipatenkannya: TRL + DRL > 9.     

Roadshow Dr. Paun selama seminggu, mendapat tanggapan yang antusias dari berbagai kalangan akademisi, bisnis, dan pemerintah, a.l: Pappiptek LIPI, Bappenas, BLST - IPB, President University, Bank BRI, Pusat Unggulan Iptek (RistekDikti), dan dari Asosiasi Energi Surya Indonesia.

Berdasarkan sambutan dan berbagai masukan dari kegiatan roadshow, BIC berencana untuk menggelar kembali workshop yang ditangguhkan bersama Dr. Florin Paun dan M. Philippe Richard, pada tahun 2019 mendatang; untuk memastikan bahwa Indonesia berhasil mengakselerasikan inovasinya, demi kemandirian dan daya saing bangsa.

 

 (KS18/12/18)


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

SELAMAT IDUL FITRI 1445 -H

Hari ini kita telah sampai ke penghujung ramadan, dan hari kemenangan akan tiba esok, Semoga Allah

"116 IN0VASI INDONESIA-2024" DIMULAI !!

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah proyek strategis nasional yang akan diresmikan pada 17 Agustu

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn