• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

“100 Inovasi Indonesia-2008” Telah Hadir



Seleksi 100 Inovasi Paling Prospektif Indonesia dan penyusunan buku ini mungkin layak disebut sebagai proses penjaringan karya inovasi yang paling inovatif.  Melalui undangan partisipasi ke berbagai Litbang Pemerintah, Universitas, dan Swasta, surat elektronik secara pribadi ke inovator individual, serta sebuah iklan kecil di media cetak; BIC berhasil menarik minat  lebih dari 300 inovator Indonesia. BIC menerima lebih dari 600 karya inovasi, mereview 396  karya inovasi yang lolos pra-kualifikasi, melakukan “short-listing”  untuk memilih 200 inovasi yang dinilai paling berpotensi, dan akhirnya diteruskan ke proses penjurian untuk mendapatkan 100 inovasi paling prospektif (2008). Semuanya dilakukan dalam waktu kurang dari dua  bulan dan sepenuhnya terintegrasi dalam web BIC di www.bic.web.id.

Besarnya minat dan antusiasme masyarakat inovator Indonesia di luar perkiraan Tim BIC, sehingga inovasi dalam proses seleksi harus dilakukan terus-menerus selagi proses berjalan. Inovasi perlu dilakukan untuk memastikan proses seleksi berjalan secara adil namun cepat, dan agar buku ini dapat terbit sesuai rencana pada tanggal 8 Agustus 2008 (080808), selain tentu saja tetap menjaga mutunya. Tujuh kriteria yang ditetapkan untuk “short-listing” kemudian dikembangkan menjadi delapan kriteria dari lima dimensi / sudut pandang inovasi:

  1. Inovator dengan (1) keaslian / originalitas idenya,
  2. Kompetitor dengan (2) kesulitannya untuk ditiru,
  3. Konsumen dengan (3) daya tarik inovasi, dan (4) nilai tambahnya bagi mereka,
  4. Profesional dengan (5) potensi pengembangan, dan (6) potensi ekspansi di sisi pasar,
  5. Investor dengan (7) persepsi resiko bisnis, dan (8) resiko operasional.

Proses revisi oleh para inovator terpaksa harus dilangkahi dan digantikan oleh tim copywriter profesional, namun tetap diakhiri dengan persetujuan final oleh ke-100 inovator terpilih. Jumlah juri ditambah menjadi 14 untuk mempercepat proses penilaian, dan untuk memastikan bahwa setiap karya inovasi dinilai sedikitnya oleh tiga orang juri sesuai dengan kompetensinya. Keseluruhan proses seleksi dilakukan dalam waktu 30 hari, dari tanggal 18 Juni 2008 sampai tanggal 18 Juli 2008,  juga secara terintegrasi melalui web BIC www.bic.web.id.

Tidak ada sesuatu yang sempurna; oleh karena itu, BIC bertekad untuk terus-menerus melakukan inovasi. Buku ini dengan segala keterbatasannya disampaikan pada masyarakat dengan satu cita-cita,  yaitu agar inovasi dalam bisnis dapat digiatkan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Diawali dengan buku ini, BIC akan terus melakukan tugas utamanya, yaitu intermediasi  bagi para  “ABG” (Akademisi – Bisnis – Pemerintah),  dan agar proses inovasi dapat berlangsung secara efektif dan sinergis, dan bermanfaat bagi semua pihak.

Salam inovasi !

Tim Buku “100 Inovasi Indonesia” 


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

Ayo Hadir di INNOVA LATAM GLOBAL ONLINE CONFERENCE Cartagena, Colombia 22 Oktober 2021

INNOVA adalah serial konferensi global tentang inovasi, yang merupakan program konferensi tahunan ya

“113 INOVASI INDONESIA-2021” - DEADLINE !

Evolusi proses pemilihan tahunan “100+ Inovasi Indonesia” dari ajang kompetisi

Program Certified Innovation Professional (CIP) – Angkatan II

Setelah memperoleh sambutan positif pada batch perdananya yang dimulai  bulan Mei 2021 yang lal

Satu Bangsa - Satu Bahasa - Inovasi Indonesia

Setelah berpartisipasi dalam Program Certified Innovation Professional (CIP) yang diselenggarakan ol

Undangan dan Tantangan Inovasi Sosial dari Octava

Sekitar 25,7 % atau 650 juta orang di Asia Tenggara berada dalam usia sekolah. Namun akses ke pendid