• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

“113 INOVASI INDONESIA – 2021” TERBIT!



Pada 1 Maret 2022, sidang Final Dewan Juri "113 Inovasi Indonesia-2021" online telah berlangsung dengan selamat namun seru. Sidang Dewan  Juri ini adalah kelanjutan dari proses penilaian 19 juri BIC selama tiga minggu penuh; yang telah tuntas menilai empat kategori proposal sejumlah 124 proposal, yang berhasil lolos ke tahapan seleksi. Dengan demikian setiap proposal lolos seleksi dinilai oleh 4 sampai 5 orang juri sesuai dengan bidang atau bisnisnya.  Selanjutnya empat belas juri yang hadir dalam sidang, menyepakati secara bersama proposal yang dinilai layak menjadi bagian dari "113 Inovasi Indonesia - 2021"; khususnya untuk mencapai kesepakatan atas perbedaan penilaian antar juri pada proposal yang sama. Juri yang berhalangan hadir, khususnya yang menjatuhkan rekomendasi A (VETO) pada proposal, akan memperoleh rekapitulasi hasil sidang juri, untuk dipertimbangan, dan selanjutnya memutuskan untuk mengkonfirmasi atau membatalkan VETO nya. 

Dari 365 proposal proposal yang berpartisipasi, dan 124 diantaranya menjadi The Challengers, untuk diseleksi dan dinilai para Juri.  Akhirnya, hanya 86 proposal dinyatakan terpilih, dan diterbitkan sebagai "pemenang" pemilihan "113 Inovasi Indonesia-2021".   BIC mengucapkan selamat pada para inovator terpilih!  Silakan KLIK di sini untuk melihat daftar proposal terpilih. Bagi proposal The Challengers yang belum berhasil, status proposal akan dialihkan menjadi status DISIMPAN (sementara). Proposal DISIMPAN yang dinilai berpotensi akan diundang kembali ikut pada pemilihan mendatang. BIC menyampaikan penghargaan dan terimakasih atas kerja keras seluruh anggota tim penerbitan, dukungan para sponsor, serta pertimbangan para technology reviewers serta juri, yang telah memungkinkan diterbitkannya "113 Inovasi Indonesia-2021". Dengan terbitnya "113 Inovasi Indonesia-2021" sebagai serial terbitan "100+ Inovasi Indonesia" tahun yang ke 14, database BIC telah menghimpun 1.406 karya inovasi Indonesia terpilih, yang disaring dari 6.000 proposal yang diajukan oleh 4.232 inovator (atau tim inovator) Indonesia, yang berasal dari 26 provinsi di seluruh Indonesia (dan beberapa dari diaspora Indonesia di mancanegara); yang barangkali adalah database karya inovasi terlengkap di Indonesia.   

BIC kini membuka penerimaan proposal untuk pemilihan "114 Inovasi Indonesia-2022", untuk pengajuan kembali proposal terbaru para inovator Indonesia. Sejalan dengan hal ini, BIC juga tengah mempersiapkan inovasinya yang terbaru; untuk mentransformasikan sistem pemilihan karya inovasi BIC yang telah berlangsung selama 14 tahun ini; menjadi suatu sistem pra-inkubasi virtual (online). Jika hal ini berhasil, dan disambut baik oleh para inovator Indonesia; hal ini bisa mentransisikan sistem penilaian proposal dengan penjurian secara batch tahunan; menuju proses pra-inkubasi dengan fokus pada pembimbingan/mentoring bagi inovator pengaju proposal secara berkesinambungan. Ini diharapkan akan menjadi inovasi baru dalam pelaksanaan pemilihan "114 Inovasi Indonesia-2022"; yang rencananya dilanjutkan menuju proses "e-Incubator BIC".  Bagi inovator yang berniat "mencuri start", silakan mendaftarkan proposal terbarunya dengan mengklik: Registrasi/Pengajuan Proposal Baru.         
     

Salam inovasi! 


(KS/090322)                  
 


Komentar

SudartoMar 15,2022

Kami telah menyiapkan proposal yg sangan bermanfaat untuk membangun industri pengolahan Rumput Laut E, Cottoni terintegrasi menghasilkan multi Produk Industri. Dari hulu sd Hilir berbasis inovasi. Bisa jadi Program Nasional.

akhmad endang zainal hasanMar 16,2022

adakah nama sy ?

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn

Program Certified Innovation Professional (CIP) dan Certified Innovation Manager (CIM) – 2024

Workshop Online CIP / CIM untuk tahun 2024 akan segera digelar lagi, dan angkatan pertama akan dimul

SETELAH INOVASI KITA MEROKET DI GII

Di tengah-tengah merebaknya Pandemi Covid-19 lebih dari tiga tahun lalu, BIC memuat tulisan tentang