• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

"Membangunkan" Turisme Di Tengah Pandemi Global: Innovation Olympics-2020



Pariwisata (turisme) adalah salah satu sektor ekonomi yang paling terpukul akibat Pandemi Covid-19. Diperkirakan dalam tahun 2020 ini ekonomi global senilai US$ 1 triliun (dalam rupiah 1,500 triliun) akan hilang, dan ini mengancam nasib sekitar 120 juta tenaga kerja langsung di sektor turisme. Sekalipun dikatakan bahwa turisme tergolong kegiatan manusia yang "high-touch" dan pada saat yang sama dianggap "non-essential" (artinya bisa ditunda), namun setelah terkendala selama hampir setahun; terjadi tekanan kuat untuk "membangunkan" sektor turisme secepatnya. Tekanan ini datang baik dari pihak konsumen, yang sudah bosan terkungkung dibatasi geraknya; maupun dari sektor ekonomi terkait turisme yang nyaris bangkrut di seluruh dunia, termasuk maskapai penerbangan, hotel, objek wisata beserta semua bisnis penunjangnya. 

Untuk itu Global Innovation Management Institute (GIMI) bersama IXL Center, telah mengangkat tema "Membangunkan Turisme Global" sebagai topik kompetisi Innovation Olympics 2020 di sessi Musim Gugur ini. Para peserta adalah tim dari berbagai universitas kelas dunia, dan selama 8 minggu penuh setiap tim bekerja dibawah bimbingan tim mentor dari IXL dan komite pengarah GIMI untuk mengembangkan gagasan-gagasan inovasi mereka; dengan metodologi Innovation Management Body of Knowledge (IM-BOK) yang dikembangkan oleh GIMI.     
Lima tim peserta adalah: ESADE Business School (Spanyol), London Business School (Inggris), Erasmus Universiteit Rotterdam (Belanda), Indian Institute of Technology (IIT) - Madras (India), dan Asian Institute of Management - AIM (Filipina). Secara bersama-sama, kelima tim ini mengembangkan 25 Konsep Bisnis dan 5 Kasus Bisnis yang terkait dengan upaya membangkitkan industri pariwisata global. Sayang sekali belum ada tim peserta yang mewakili Indonesia untuk ikut dalam kompetisi inovasi global yang bergengsi ini. 

Sebagai anggota dari Global Think-Tank Covid-19 GIMI, BIC memperoleh akses untuk berbagi rangkuman kompetisi Inovasi Global tentang gagasan inovatif untuk membangunkan dunia turisme dari terpaan pandemi Covid-19. Diharapkan otoritas pariwisata Indonesia beserta sektor-sektor yang terkait dapat memanfaatkan berbagai gagasan ini hasil Innovation Olympics ini, dan membantu kita keluar dari krisis Covid-19. 


Bagi yang berminat untuk memperoleh paparan summary (.ppt) nya silakan menghubungi: Kristanto di e-mail: ks@bic.web.id ; atau langsung menyimak paparan summarynya di link GIMI-TOURISM-INSIGHTS-2020.                      
 


Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

Berita Terbaru

SELAMAT IDUL FITRI 1445 -H

Hari ini kita telah sampai ke penghujung ramadan, dan hari kemenangan akan tiba esok, Semoga Allah

"116 IN0VASI INDONESIA-2024" DIMULAI !!

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah proyek strategis nasional yang akan diresmikan pada 17 Agustu

115 INOVASI INDONESIA – 2023 TERPILIH !

Penjurian "115 Inovasi Indonesia-2022" yang berlangsung pada bulan Januari 2024 lalu

OLEH-OLEH INOVASI TANPA DISRUPSI DARI BANGKOK

Pengarang buku strategi inovasi # 1 sejagat “Blue Ocean Strategy”, Chan Kim & Renee

OBITUARI - PAULUS TJAKRAWAN - Sang Inovator Energi Terbarukan

Duka mendalam bagi BIC dan tentunya bagi banyak inovator Indonesia, saat mendengar berita berpulangn