Ulang Tahun BIC ke 5

 

13 Maret 2008 merupakan hari yang bersejarah bagi lahirnya BIC. Menandai hari jadinya yang ke 5 BIC merayakan HUT BIC yang bertempat di gedung BPPT II, ruang rapat komisi II&III. Acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 60 orang tamu undangan dari kalangan pebisnis. Pemilihan undangan itu sendiri difokuskan kepada business man, hal ini dimaksudkan untuk mempercepat pengaplikasian teknologi ke “dunia nyata”. Panca Warsa yang dirayakan oleh BIC, menjadi pengingat akan tugas  yang diemban sebagai promotor dan intermediator inovasi bisnis di Indonesia sekaligus meminta dukungan lebih lanjut dari para stakeholder untuk lebih meningkatkan kinerja dari Business Innovation Center.

  

BIC didirikan atas prakarsa Menteri Negara Riset dan Teknologi (Mennegristek) RI yang pada saat itu dijabat oleh Bapak Kusmayanto Kadiman. Pendirian BIC pada saat itu juga sebagai penanda 100 tahun Kebangkitan Nasional dan pada awal tahun berdirinya BIC sudah dapat meluncurkan buku 100 Inovasi Indonesia untuk pertama kalinya.  Buku yang berisikan 100 proposal-proposal inovasi prospektif menjadi ajang media promosi bagi para inovator ke investor. Hingga saat ini BIC secara konsisten mempublikasikan serial buku 100+ Inovasi Indonesia setiap tahunnya. Dimulai dengan serial buku inovasi 100 pada tahun 2008 sampai dengan 104 di tahun 2012. Buku tersebut menjadi media pendukung bagi BIC menghubungkan ke tiga komponen A-B-G (Academician – Business –Government),  serta memfasilitasi proses inovasi dari ranah keilmuan dan teknologi menuju pemanfaatannya di masyarakat.

Dalam acara ini juga ditayangkan video kaleidoskop BIC : 2008-2013 yang menampilkan kegiatan intermediasi yang telah dilakukan oleh BIC dan dilanjutkan dengan pemaparan aktivitas dan capaian oleh para intermediator inovasi. Kegiatan intermediasi BIC ini didukung oleh intermediator daerah yang didukung oleh kementerian Ristek Republik Indonesia, dan juga para CIM Returnee, para lulusan Jerman yang kembali ke Indonesia dengan mendapat dukungan dari pemerintahan Jerman.

Acara ulang tahun ini, juga menandai terjalinnya kerjasama baru antara BIC dengan MetroTV yang akan menayangkan serial Inovator Indonesia. Hal ini merupakan dukungan pihak MetroTV atas inovasi karya anak bangsa Indonesia. Penandatangan kerjasama ini disaksikan oleh Prof. Dr. Ir. Gusti Muhammad Hatta, MS, Menteri Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Dalam kesempatan ini Menteri Negara Riset dan Teknologi RI juga berkenan memberikan arahan kepada BIC dan intermediator yang tergabung di dalamnya untuk berperan lebih  dalam pengembangan inovasi di daerah dan Indonesia.

Sebelum penutupan, acara yang dihadiri oleh 60 peserta dari pihak swasta ini dilengkapi juga dengan kegiatan pemilihan Board of Governance yang beranggotakan beberapa pihak swasta  untuk mendukung kegiatan BIC ke depannya.