Inovasi Indonesia

Membangun Indonesia melalui Inovasi bersama BIC

Business Innovation Center

Logo BIC

Business Innovation Center (BIC) merupakan lembaga yang didirikan oleh Kementrian Negara Riset dan Teknologi untuk menjembatani proses Inovasi yang terdapat dalam Akademisi, Bisnis dan Pemerintah (ABG). Di dalam kegiatan BIC terdapat upaya identifikasi Pelaksanaan transfer teknologi serta usaha komersialisasi hasil penelitian dan pengembangan.

 

Dalam hal pembangunan Nasional diperlukan fondasi yang kuat antara tiga pihak yaitu, Pemerintah, Akademisi, dan Pelaku Bisnis (ABG, Academician, Business, and Government), untuk menjembatani antara tiga sektor ini diperlukan sebuah lembaga/organisasi khusus. Oleh karena itu Kementerian Negara Riset dan Teknologi mendirikan BIC (Business Innovation Center), suatu organisasi  yang berfungsi untuk mengembangkan sinergi antara ABG dalam hal inovasi yang sampai saat ini belum optimal.

Saat ini ABG belum mengembangkan sinergi secara optimal. Di antara tiga sektor ini masih melakukan kegiatan secara individu yang akhirnya tidak dapat mengoptimalkan kegiatan mereka. Dalam hal inovasi, Indonesia memiliki banyak inovasi yang sudah terkonsep oleh pihak-pihak akademisi dan pemerintah tetapi belum dapat berkembang karena beberapa hambatan di antaranya, keuangan dan masalah pengembangan ke pasar (market), hal ini terjadi karena belum terbukanya pihak ini terhadap pihak lain atau swasta (Bisnis) dalam hal kerjasama untuk mengoptimalkan proses pemasaran produk mereka.

Hal serupa terjadi oleh pihak bisnis yang harus selalu memenuhi kebutuhan pasar yang memiliki product cycle time yang cepat, pihak bisnis harus dapat mengembangkan produk inovasi dengan cepat oleh karena itu pihak ini sangat memerlukan keterlibatan pihak akademis dalam hal pengembangan produk-produk inovasi. BIC bertujuan untuk menggunakan kesempatan ini dalam hal melakukan intermediasi kepada tiga pihak ini dengan tujuan mengembangkan sinergi kerjasama antar ke-tiga belah pihak.

Memberikan pelayanan sebagai lembaga yang mengoptimalkan komersialisasi terhadap teknologi atau inovasi, dengan adanya kelembagaan BIC diharapkan dapat mengembangkan proses berkembangnya inovasi sehingga dapat digunakan oleh pasar. Selama ini badan riset yang dimiliki negara atau pusat-pusat penilitian hanya memfokuskan diri kedalam pengkajian penelitian dan mengadakan studi banding dengan beberapa instansi negara di luar negri untuk mengoptimalkan hasil riset dan teknologi (inovasi), tetapi badan-badan/ kelembagaan ini   memiliki keterbatasan terhadap  pengetahuan pasar dan trend produk yang diminati oleh pasar yang nantinya akan menghambat penyampaian teknologi ke pasar, melihat kondisi tersebut, peran BIC adalah mengadakan analisa mengenai pasar dan trend produk di pasar yang nantinya akan digunakan sebagai informasi dalam pengembangan teknologi/inovasi yang pada proses akhir akan digunakan oleh pasar.

BIC juga diharapkan dapat membuat sebuah sinergi atau menjembatani ekosistem dunia usaha dengan pusat teknologi/inovasi. Karena perkembangan jaman atau pengaruh globalisasi yang membuat life cycle suatu produk menjadi semakin cepat, dunia usaha sangat memerlukan peran pusat-pusat kajian teknologi untuk membantu pengembangan produk usaha tersebut, oleh karna itu BIC harus dapat menjembatani permintaan daripada pihak dunia usaha tersebut.

Disini BIC diharapkan dapat melakukan analisa terhadap pihak-pihak usaha yang ingin melakukan investasi terhadap kajian-kajian pusat teknologi/inovasi, sehingga nantinya akan terjalin sebuah kerjasama dalam hal pengembangan anatara pihak pusat kajian teknologi dan pihak dunia usaha yang nantinya diharapkan pihak swasta akan memberikan modal terhadap pusat kajian teknologi. Tujuan dari BIC sendiri adalah menciptakan sebuah lingkungan yang kodusif terhdap ABG yang nantinya diharapkan akan menciptakan Teknologi/inovasi yang bisa dinikmati oleh pasar dan bahkan bisa berkembang pesat dan memajukan produk-produk inovasi Indonesia yang bisa bersaing di dunia.


Terkait

Hubungi Kami

PQM Building, Ground Floor,
Cempaka Putih Tengah 17C no. 7a, Jakarta 10510, Indonesia.

 
  • Telepon:
    (+62) 21 4288 5430
  • (+62) 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • (+62) 8118 242 462 (BIC-INA)
  • Fax:
    (0) 21 2147 2655

Senin - Jum'at: pk. 9.00 - 16.30

Kami ada di Jejaring Sosial. Ikuti kami & terus berhubungan.
Anda berada di: Utama BIC Mengenai BIC Business Innovation Center