Inovasi Indonesia

Membangun Indonesia melalui Inovasi bersama BIC

Politik Hukum Iptek di Indonesia

Politik Hukum Iptek di Indonesia

Judul : Politik Hukum Iptek di Indonesia
Pengarang : Dr. Sabartua Tampubolon, M.H.n
Penerbit : -
ISBN :-
Sinopsis : Dalam pembahasan tentang pembangunan dan masa depan Indonesia, hampir selalu diketengahkan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dan inovasi sebagai pendorong pembangunan. Selanjutnya, tidak henti-hentinya dikatakan, betapa pentingnya kebijakan politik maupun peraturan perundang-undangan yang kondusif dan menunjang, agar iptek dapat berperan secara efektif mendukung kemajuan dan pembangunan nasional, dan pada gilirannya menghasilkan daya saing dan kemandirian bangsa. Namun sayangnya, kebanyakan ulasan dan diskusi berhenti sampai pada kesimpulan banyaknya kendala, hambatan, dan ketidak sinkronan berbagai kebijakan dan peraturan perundangan, sebatas untuk menjelaskan mengapa iptek dan inovasi kita belum cukup berperanan dalam membangun masa depan Indonesia.

Dr. Sabartua Tambubolon M.H., yang adalah Kabid Masyarakat di Asdep Kekayaan Intelektual dan Standardisasi Iptek di Kementerian Riset dan teknologi RI; dalam bukunya mengulas secara rinci, di mana kendala dan ketidak-sinkronan hukum iptek yang terjadi selama ini. Lebih lanjut dia juga memberikan usulan konkrit apa saja yang bisa kita perbaiki. Dr. Sabartua menyimpulkan perlunya Indonesia mengembangkan strategi politik hukum iptek yang lebih progresif dan lebih sinergis; mencakup berbagai peraturan perundangan terkait di Kementerian Pendidikan, di Bappenas, dan khususnya di Kementerian Keuangan kita.

Buku ini ditulis Sabartua berdasarkan riset dissertasi doktoralnya di Universitas Padjajaran; yang menghasilkan baginya gelar Doktor Ilmu Hukum dengan predikat cum laude. Pemikiran Dr. Sabartua ini wajib dibaca oleh para pembuat kebijakan yang menginginkan terciptanya ekosistem iptek dan inovasi yang kondusif demi masa depan Indonesia.

 
 

Hubungi Kami

PQM Building, Ground Floor,
Cempaka Putih Tengah 17C no. 7a, Jakarta 10510, Indonesia.

 
  • Telepon:
    (+62) 21 4288 5430
  • (+62) 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • (+62) 8118 242 462 (BIC-INA)
  • Fax:
    (0) 21 2147 2655

Senin - Jum'at: pk. 9.00 - 16.30

Kami ada di Jejaring Sosial. Ikuti kami & terus berhubungan.
Anda berada di: Utama BIC Buku & Referensi Politik Hukum Iptek di Indonesia