Inovasi Indonesia

Membangun Indonesia melalui Inovasi bersama BIC

Berita Penutupan SSII Tahap 1

Sampai batas akhir survei, telah terhimpun sebanyak 156 suara Inovator Indonesia, dari 57 lembaga litbang dan perguruan tinggi yang tersebar di 12 provinsi di seluruh Indonesia. Kami akan segera mengolah suara Anda, dan hasilnya akan kami sampaikan ke para pembuat kebijakan inovasi di Indonesia. Ringkasan hasil survei juga akan kami publikasikan di situs web BIC, serta di buku “109 Inovasi Indonesia 2017”.

Sebagai tindak lanjut, Klaster Riset Inovasi Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia akan melakukan kajian akademik lebih lanjut, dengan kemungkinan melakukan survei lanjutan SSII-II yang lebih komprehensif dan mendalam.

Bagi para innovator yang berkenan untuk menyampaikan suara mereka selewat batas akhir yang ditetapkan pada 16 September 2017 yang lalu, kami akan tetap membuka link survey SSII di https://bit.ly/SSII-1 sampai saat dilaksanakannya SSII tahap II.

Survei Suara Inovator Indonesia Tahap I ini terselenggara berkat kerjasama yang baik dari para innovator Indonesia dan didukung oleh Klaster Riset Inovasi Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia

Inisiasi Klaster Inovasi Daerah Untuk Industri Nilam Aceh

BIC membantu Program Pengembangan Klaster Inovasi Daerah yang didukung oleh Direktorat Sistem Inovasi, KemenristekDikti. Salah satu proposal yang terpilih untuk dikembangkan adalah Klaster Inovasi Daerah Berbasis Industri Minyak Nilam, yang diajukan oleh Provinsi Aceh.

Dalam proses menuju perumusan "master-plan" Klaster Inovasi berbasis Industri Minyak Nilam, sepulang dari mengikuti Rapat Koordinasi Inovasi Daerah, tim dari Aceh berkesempatan mengadakan jumpa bisnis di Jakarta pada hari Minggu, 10 September 2017.

Jumpa bisnis yang dikoordinasikan oleh BIC ini dihadiri oleh Kepala Subdirektorat Pengembangan Sistem dan Jaringan Inovasi RistekDikti, Dr. Wihatmoko Waskitoaji, Pimpinan Atsiri Research Center (ARC) Dr. Syaifullah Muhammad, dan Wakil Ketua ARC Dr. Indra. Sedangkan dari kalangan bisnis hadir Bp. Subakat Hadi, founder dari Wardah Cosmetics; Ibu Yenny Tiono, Chief Financial Officer dari Haldin Pacific Semesta, dan Pak Yudhi Hermanu, founder GAIA, konsultan Change Management dan Community Development.

Pada jumpa bisnis ini dibahas berbagai gagasan untuk mengisi program Klaster Inovasi Daerah berbasis Nilam Aceh dengan langkah-langkah konkrit membangun sinergi A-B-G-C (Academic - Business - Government - Community). Minyak Nilam yang telah resmi memperoleh pengakuan indikasi geografis sebagai kekayaan alam khas Aceh, dengan inovasi diharapkan dapat dikembangkan menjadi produk bernilai tambah tinggi berskala global, sebagaimana sukses dari Kopi Gayo. Industri minyak nilam diharapkan dapat mendongkrak ekonomi Aceh, sehingga pada gilirannya dapat ikut menghapuskan kemiskinan di Aceh.


Salam inovasi !

SUARAKAN ASPIRASI ANDA DI SURVEI SUARA INOVATOR INDONESIA (SSII)

C:\Users\Kristanto\Desktop\Riset Inovasi 2017\learning-talking-in-a-group-with-other-people - 2.jpg

Selama 10 tahun terakhir (2008-2017), 1.045 Karya Inovasi Indonesia telah terpilih untuk dipublikasikan oleh BIC. Karya-karya ini melibatkan 2.475 inovator Indonesia, dari 22 provinsi di Indonesia, serta yang bermukim di 6 negara lain.  Jika Anda salah seorang inovator di antaranya, Anda diundang berpartisipasi dalam Survei Suara Inovator Indonesia (SSII), yang saat ini tengah berlangsung.  

Berikut adalah link Anda menuju survey SSII:

https://bit.ly/SSII-1

Anda akan diantarkan ke formulir survei, lengkap dengan petunjuk cara pengisiannya. Survei ini akan dapat Anda lengkapi dalam waktu sekitar 15 menit.  Kami nantikan suara Anda sebelum selambat-lambatnya hari Sabtu, 16 September 2017. 

Hasil SSII ini diharapkan menyuarakan aspirasi para inovator Indonesia secara kolektif, agar kita dapat mengembangkan ekosistem inovasi yang lebih kondusif; dalam bentuk ketersediaan sarana, dukungan, dan kebijakan bagi para inovator Indonesia, dan juga menjadi sumbangan pemikiran dalam pembahasan Revisi UU Sistem Inovasi Nasional - IPTEK, yang saat ini sedang berjalan.   

Survei Suara Inovator Indonesia  ini diselenggarakan oleh Klaster Riset Inovasi Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia bekerjasama dengan Business Innovation Center (BIC).

Salam inovasi !

 

Pelatihan Inovasi dan Kewirausahaan

Pada Rabu, 23 Agustus 2017, Direktorat Inovasi dan Inkubasi Bisnis Universitas Indonesia (DIIB UI) mengundang Kristanto Santosa (KS) dan Yusuf Zaim Hakim (YZH) dari Business Innovation Center (BIC) sebagai pembicara dalam kegiatan Workshop Pelatihan Inovasi dan Kewirausahaan (PIK) Lanjutan yang merupakan rangkaian kegiatan InnovAction UI 2017

InnovAction UI 2017 merupakan kegiatan kompetisi inovasi yang diselenggarakan oleh DIIB UI untuk melatih dan membangun budaya inovasi dan kewirausahaan di kalangan mahasiswa UI. Pada seri ketiga tahun ini, 50 tim yang masing-masing tim tediri dari 2 mahasiswa berhasil terpilih untuk diberikan training yang terdiri dari PIK Dasar dan PIK Lanjutan. Kristanto Santosa (KS) berkesempatan memberikan materi tentang penyusunan Business Model Canvas selama 2 jam lebih pada sesi pertama dan Yusuf Zaim Hakim (YZH) berbagi tentang penulisan Business Plan di sesi kedua dalam segmen PIK Lanjutan. 

Setelah mengikuti kegiatan PIK Lanjutan, peserta yang berjumlah sekitar 100 orang ini diharapkan dapat mengembangkan ide dan inovasi yang prospektif untuk diikutkan dalam tahap InnovAction UI 2017 selanjutnya. (YZH/310817) 

 

 

 

Semangat Inovasi bagi Nilam Aceh

Kemasan Minyak Nilam Aceh. (Foto:tokopedia.com/publoe/essential-oil-nilam-aceh)

Program pengembangan Klaster Inovasi Daerah dari Kementerian RistekDikti RI telah memilih Nilam Aceh sebagai salah satu tema klaster inovasi daerah yang prospektif untuk dikembangkan, berdasarkan proposal klaster daerah yang diajukan oleh Universitas Syiah Kuala bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Aceh. 
 
Inisiasi pengembangan klaster inovasi nilam program ini dimulai pada tanggal 25 Agustus 2017 yang lalu di Banda Aceh, melalui sebuah Focused Group Discussion (FGD). FGD ini ditargetkan untuk menyepakati dan memetakan secara komprehensif situasi industri dan rantai pasok Nilam Aceh, yang merupakan basis fakta dan data yang esensiil untuk dapat menyusun skenario dan strategi pengembangan Klaster Inovasi Nilam Aceh.  
 
BIC diundang menjadi salah satu narasumber dalam acara FGD.  Dalam rekomendasinya, Direktur Eksekutif BIC menekankan pentingnya membangun semangat "Sinergi A-B-G-C" dalam pengembangan suatu klaster inovasi. Mempertimbangkan "berkah geografis" Aceh sebagai produsen minyak nilam terbaik di dunia; upaya inovasi harus dapat membuktikan bahwa berkah geografis tersebut dapat disulap menjadi nilai ekonomi dan sosial terbaik, khususnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh, dan sebagai "model showcase" sebuah prakarsa Klaster Inovasi Daerah yang efektif.
 
 
(KS/28/08/17)   

KARYA INOVASI TERPILIH “109 INOVASI INDONESIA – 2017”

Setelah melalui proses penilaian oleh 36 juri yang menilai 12 kategori teknologi, dengan gembira kami sampaikan 109 karya inovasi terpilih untuk tahun 2017, yang selanjutnya akan diterbitkan dalam buku "109 Inovasi Indonesia - 2017" (terlampir: daftar karya inovasi terpilih "109 Inovasi Indonesia - 2017")

Kami mengucapkan selamat kepada para Inovator Indonesia yang karyanya terpilih tahun ini; dan penghargaan kami bagi seluruh inovator yang berpartisipasi pada pemilihan 109 Inovasi Indonesia 2017. Bagi karya inovasi yang belum berhasil terpilih, namun kami menilai prospektif, proposal Anda akan kami simpan di database BIC dengan status "listed", dan jika dapat dilengkapi/disempurnakan lagi, akan kami undang mengikuti pemilihan "110 Inovasi Indonesia - 2018" mendatang. Tak lupa kami juga menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada segenap juri penilai, yang dengan serius telah memberikan sejumlah 654 penilaian secara independen dan profesional, di tengah kesibukan mereka.

Selanjutnya, kami segera memulai proses penerbitan buku "109 Inovasi Indonesia - 2017", yang kami targetkan dapat diluncurkan pada bulan Oktober 2017 mendatang. Dalam proses penerbitan ini, kami akan menghubungi setiap inovator terpilih, untuk ikut mereview dan draft "copywrite" dan memberikan persetujuan untuk penerbitannya.

Salam inovasi !

 

SELAMAT DATANG! BICNETS.COM

 
Dengan gembira kami memberitakan bahwa kita telah berhasil mendaftarkan situs baru, sebagai wadah virtual khusus bagi komunitas inovasi Indonesia di situs: BICNETS.COM.  Wadah ini diharapkan nantinya berkembang menjadi sarana komunikasi dan intermediasi untuk pemanfaatan/hilirisasi karya-karya inovasi dari & di Indonesia, maupun dari seluruh dunia.
 
BICNETS.COM akan selanjutnya menjadi pengganti dari situs innovation.idyang selanjutnya akan kami manfaatkan khusus untuk mengembangkan database karya inovasi Indonesia. Mohon teruskan dan bagikan informasi tentang BICNETS.COM ini kepada rekan-rekan Anda yang lain. 
 
Kami menantikan komentar, usulan, kritik, maupun tawaran Anda ke  BICNETS.COM, di Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
 
Salam Inovasi Indonesia! 

Hubungi Kami

PQM Building, Ground Floor,
Cempaka Putih Tengah 17C no. 7a, Jakarta 10510, Indonesia.

 
  • Telepon:
    (+62) 21 4288 5430
  • (+62) 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • (+62) 8118 242 462 (BIC-INA)
  • Fax:
    (0) 21 2147 2655

Senin - Jum'at: pk. 9.00 - 16.30

Kami ada di Jejaring Sosial. Ikuti kami & terus berhubungan.
Anda berada di: Utama BIC Berita Inovasi